oleh

12 Lapak di Dodoku Ali, Salero Dilalap Sijago Merah

TERNATE, Lintasmalut.net – Sebanyak 12 lapak di RT07 RW04 tepatnya di Dodoku Ali, Kelurahan Soasio Salero, Kecamatan Ternate Utara Provinsi Maluku Utara, ludes terbakar pada Kamis (20/12/2018) sekitar pukul: 6.00 WIT.

Informasi yang dihimpun Media ini Kamis dini hari menyebutkan, kebakaran di kawasan Dodoku Ali Salero menghanguskan 12 lapak pedagang, terdiri dari pedagang pakaian, usaha kuliner dan cafe.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran, namun dugaan sementara akibat kosleting listrik pada salah satu lapak, peristiwaa tersebut tidak menelan korban jiwa. Namun kerugian ditaksirkan mencapai Miliaran rupiah, karena rata-rata pedagang pakaian dan barang aksesoris.

“sala seorang saksi mata menuturkan, api diduga berasal dari salah satu cafe yang juga ikut terbakar dalam kebakaran tersebut, sebab sekitar pukul 06:18 WIT, Tandri melihat asap hitam mengepul dari salah satu cafe,”tutur Tandri

Dikataknya, saat kebakaran terjadi, sala seorang penjaga cafe sempat membeli pulsa, “dan ketika itu belum banyak kendaraan yang lewat, kemudian saya bersama laki-laki (penjaga cafe-red) begegas meminta tolong warga sekitar dan orang-orang yang mitas di jalur tersebug untuk memadamkan api,”jelasnya.

“saat peristiwa kebakaran terjadi, penghuni lapak yang berdekatan dengan cafe belum mengetahui terjadi kebakaran, “saya pun lari untuk membuka pintu salah satu lapak karena lapak tersebut milik saudara saya yang tinggal bersama anaknya. Dengan cepat saya suruh bangun dan keluar, api sudah mulai membesar dengan cepat,”kata Tandri.

Warga yang melihat kejadian itu katanya sempat berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya, namun material Lapak yang terbuat dari bahan yang mudah terbakar menyebabkan api cepat merembesar.

Kobaran api baru berhasil dipadamkan sekitar satu jam kemudian, setelah beberapa unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian.

Sementara, Danru Jaga petugas Damkar Ternate Iswan mengaku, ada enam unit mobil kebakaran ke lokasi dengan jumlah personil 30 orang.

“Dilokasi pemadam sempat terkendala padamkan api, dan saat tiba lokasi api sudah menghanguskan berkisar 50 persen,” ujarnya.

Kapolres Ternate, AKBP Azhari Juanda kepada wartawan termasuk, di Pasar Higenis menengatakan, pihaknya saat ini belum mengetahui penyebab kebakaran yang menghanguskan 12 lapak tersebut.

”tim sedang menyelidiki kasus kebakaran kios-kios tersebut, kita menunggu hasilnya nanti akan diinformasikan kepada teman teman media,” tutur Kapolres.

Penyebab kebakarannya, kata Kapolres masih dalam penyelidikan. Polisi telah memasang garis polisi untuk kepentingan penyelidikan. tidak ada korban jiwa sementara kerugian harta benda masih diinventarisasi, tutp AKBP Azhari Juanda (sa/rd)

Komentar