oleh

3 Manfaat Menakjubkan Ulat Sagu ‘Sabeta’ Bagi Kesehatan Tubuh, Berani Coba ?

-KESEHATAN-161 views
Ulan Sagu ‘Sabeta’ (Foto:Istimewa)

Makan sagu pasti sudah biasa, lalu bagaimana dengan makan ulat sagu? Ulat sagu adalah makanan khas masyarakat Indonesia wilayah timur. Meski sebagain besar orang merasa jijik dengan makanan ini, ulat sagu dianggap sebagai makanan yang kaya nutrisi, lho. Apa saja manfaat makan ulat sagu? Yuk cari tahu lebih dalam mengenai nurtrisi dan manfaat ulat sagu berikut ini.

Beragam makanan dari ulat sagu

Saat pohon sagu atau palem mulai membusuk, kumbang sagu akan bertelur di sekitar batang pohon tersebut. Setelah telur menetas akan muncul ulat-ulat gemuk berwarna putih yang dikenal dengan ulat sagu. Ulat ini memiliki nama latin Rhynchophorus ferrugineus atau dikenal juga dengan nama red palm weevil.

Nah, setelah telur kumbangnya menetas menjadi ulat, masyarakat wilayah Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Papua mengambil ulat tersebut untuk diolah sebagai makanan. Kadang mereka mengosumsinya mentah-mentah, dijadikan lauk untuk nasi gurih, atau dibuat serundeng ulat sagu.

Bahkan, ulat ini sering juga dibuat jadi camilan untuk anak-anak. Misalnya skotel, dadar gulung, roti bakar, tahu isi, bola ubi, kroket, bolu pisang, lemper, dan juga panada.

Manfaat makan ulat sagu bagi kesehatan tubuh

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Nirmala IR, MSc, dan rekannya, ulat sagu mengandung protein, karbohidrat, asam lemak omega 3, 6, dan 9, serta asam amino.

Meski belum ada penelitian lebih dalam mengenai manfaat ulat sagu, berdasarkan nutrisinya ada beberapa manfaat yang mungkin Anda dapatkan, seperti:

1. Membangun otot

Ulat sagu tinggi protein. Protein adalah komponen penting yang berperan dalam membangun sekaligus memperbaiki sel dan jaringan tubuh, seperti tulang, otot, dan kulit.

Selain itu, protein juga membantu proses pembentukan enzim, hormon, dan senyawa kimia lainnya. Tubuh tidak memproduksi protein secara alami. Jadi, Anda perlu asupan protein dari makanan, misalnya ulat sagu ini.

2. Mencegah berbagai penyakit

Ulat sagu juga mengandung berbagai asam lemak baik, seperti asam oleat, omega 3, omega 6, dan omega 9.

Kandungan asam lemak dipercaya dapat mengurangi peradangan pada tubuh sehingga menurunkan risiko penyakit Alzhiemer, depresi, asma, dan rematik.

Asam lemak juga banyak dibuat menjadi suplemen untuk menurunkan kadar trigliserida tinggi yang jadi penyebab penyakit jantung.

3. Meningkatkan suasana hati dan performa olahraga

Ulat sagu mengandung berbagai jenis asam amino, seperti isoleucine, leucine, histidine, dan phenylalanine. Asam amino tersebut membantu produksi serotonin, yaitu zat kimia otak yang dapat memperbaiki suasana hati dan siklus tidur Anda.

Selain itu, asam lemak ini juga dapat memulihkan kembali otot yang rusak lebih cepat serta mengurangi nyeri otot setelah olahraga.

Sumber: Hello Sehat

Komentar