oleh

40 Peserta Ikuti Materi Latihan SAR Daerah

HALSEL – Sebanyak 40 orang peserta mengikuti latihan search and rescue (SAR) daerah dan pemberian materi. Kegiatan dengan tema “Melalui Rakor dan Latihan SAR Daerah Meningkatkan Profesionalisme, Sinergitas dan Militan Guna Tercapainya Peran Basarnas Pada Kecelakaan Kapal Secara Cepat, Tepat dan Terpadu” tersebut, dilaksanakan di Hotel Buanah Lipu, Halsel, Selasa (26/11).

Kepala Basarnas Ternate Muhammad Arafah mengatakan, para peserta yang diberikan pembekalan materi ini agar suatu saat terjadi kecelakaan sudah dibekali dengan ilmu.

“Sudah bisa melaksanakan tugas dan fungsinya untuk memberikan bantuan penyelamatan evakuasi terhadap korban yang mengalami kecelakaan,” katanya dalam rilis tertulis yang dibagikan Humas Iksan M. Nur.

Arafah menyebut, pemateri yang memberikan latihan SAR tersebut diantaranya dari Basarnas Pusat, KSOP, TNI AL dan BMKG.

“Pemateri hari ini adalah Pak Bram analisis operasi, yang memberikan materi SAR sistem dan pemateri berikunya dari SAR Ternate Pak Maikel yang memberikan materi Tartil Florgem (TFG), yaitu membagi-bagi tugas apa bila disimulasi besok suda mengatahui apa yang diperbuat, untuk materi komunikasi diberikan Bapak Fario,” ungkapnya.

Sementara itu, kordinator Unit SAR Bacan Rahmat menambahkan, sebanyak 40 peserta yang terdiri dari berbagai Instansi di Halsel yang mengikuti pelatihan tersebut.

“40 peserta tim SAR diantaranya Kodim 1509 Labuha Kompi senapan A. Polres Halsel, Polsek Babang, Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan, Satpol PP, KUPP Kesetanan, PMI dan Pramuka. Masing-masing mewakili dua sampai tiga orang,” ujarnya.

Rahmat berharap, dengan kegiatan pelatihan ini bisa menjadi bekal ilmu dan lebih cepat melakukan operasi dengan efektif dan efesien.

“Harapan kami semoga dengan adanya pelatihan ini bisa menjadi bekal ilmu kedepan. Jika besok-besok terjadi suatu musibah bisa berkordinasi dan meminta bantuan lebih cepat, melakukan operasi dengan efektif dan efesien,” harapnya. (Alan)

Komentar