oleh

60 Siswa SMP Islam Ternate Belajar Ilmu SAR Tehnik Pertolongan

TERNATE – Sebanyak 60 peserta anggota pramuka dari siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Kota Ternate menyambangi Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate untuk belajar ilmu search and rescue (SAR) tentang tehnik pertolongan dari daerah ketinggian atau Hight Angel Rescue Technique (HART), Kamis (26/12).

Para siswa-siswi yang di dampingi para pembimbing mereka kemudian di bawah ke gudang Palsar Basarnas untuk diberikan materi HART oleh instruktur Basarnas. Selain materi, mereka juga di ajari bagimana cara menggunakan alat yang akan digunakan untuk melakukan pertolongan dari daerah ketinggian dengan menggunakan Tali Karmantel, Siht Harnes, Figur, Pulley, Tandu, dan lain-lain.

Selain materi dan pengenalan alat, mereka kemudian melakukan praktek secara langsung di Tower Replling Basarnas tentang cara mengevakusi korban dari ketinggian yang di pandu oleh para instruktur.

Salah satu anggota instruktur Basarnas, Safril M Kasim mengatakan, tujuan dari diadakannya kegiatan pelatihan ini adalah, selain untuk pengembangan wawasan dan pembekalan pengetahuan yang berkaitan dengan penyelamatan juga sebagai bekal apabila nantinya dibutuhkan pada saat terjadi musibah yang akan terjadi.

“Pramuka dan generasi muda merupakan salah satu potensi SAR yang sangat dekat keterlibatnya dengan tindak awal sebuah musibah yang terjadi. Untuk itulah, petingnya pembekalan mengenai teknik – teknik pertolongan di ketinggian maupun lainya,” katanya.

Sementara Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah mengatakan, setelah mendapat ilmu yang diberikan kiranya dapat mempraktekkan dan melakukan kapan saja dan dimana pun.

“Agar suatu saat terjadi musibah maka telah tahu apa yang dilakukan dan diperbuat guna membantu Basarnas dalam misi kemanusiaan,” ungkapnya.

Menurutnya, potensi SAR bukan hanya dari kalangan instansi baik itu TNI/Polri, Instansi Sipil, dan Mahasiswa. “Para siswa-siswi yang tergabung dalam anggota pramuka juga adalah potensi SAR,” pungkasnya. (Alan)

Komentar