oleh

90 Jamah Haji Halbar Tiba, 2 Orang Sakit

JAILOLO – sebanyak 90 orang Jamaah Haji asal Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) telah tiba di Halbar dengan selamat. Namun ada dua Jamaah Haji mengalami sakit saat pemulangan, Keduanya yakni Rifai Suma asal Desa Ropu Tengah Balu dan Samsudin asal Desa Tabadamai, Kecamatan Jailolo.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Halbar Hi. Idris menyatakan, dua Jamaah Haji yang dalam kategori kurang sehat mungkin karena kecapean.

“Jamaah haji asal tabadamai yaitu bapak Samsudin, menjelang dua hari pemulangan kondisi kesehatannya agak terganggu mungkin karena stress dan sebagainya sehingga dapat mempengaruhi kondisi beliau. Tetapi kami berusaha dengan tim pelayanan kesehatan memberikan pelayanan kesehatan yang cukup baik sehingga beliau juga ikut pulang bersama rombongan,”ungkapnya saat ditemui di lokasi penjemputan Jamah Haji depan Masjid Sigi Lamo Jailolo Sabtu, (24/08).

Di tahun depan. Kata Idris, pihak akan berupaya agar tim kesehatan dari dokter jiwa juga berikan bimbingan. “Kita juga memberikan bimbingan kesehatan dalam jangka waktu setahun itu tiap akhir bulan kita berikan pembinaan,” katanya.

Idris berharap kepada 90 Jamaah Haji ini agar dapat menjaga kemabruran hajinya dan juga menjadi contoh teladan di daerahnya masing-masing.

“Kita ketahui bahwa pelaksanaan Ibadah Haji yang mereka lakukan disana adalah proses pembersihan diri sehingga memperoleh haji yang lalu mabrur,” harapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemda Halbar yang telah memfasilitasi keberangkatan dan pemulangan Jamaah Haji.

“Atas nama kepala Kantor Kemenag, kami juga berterima kasih sebesar-besarnya kepada Pemda, kepada Bupati dan Wakil Bupati Halbar yang telah memfasilitasi perjalanan baik proses keberangkatan maupun pemulangan,” ucapnya. (Jojo)

Komentar