oleh

Aktifitas Galian C Mengancam Warga, DP2LH dan Pihak Rekanan Abaikan

Dampak Galian C mencemari permukiman warga Dusun Salenga Desa Bobong Kecamatan Taliabu Barat (Foto/Yanto/lintasmalut.co.id)

BOBONG – Aktifitas penambangan galian C di belakang Dusun Salenga Desa Bobong Kecamatan Taliabu Barat, hingga saat ini masih terus di lakukan, meskipun sudah diberi peringatan oleh Dinas P2LH, namun rupanya peringatan tersebut tidak di indahkan pihak rekanan.

Diketahui bahwa pekerjaan Galian C tersebut untuk penimbunan lokasi proyek Pemerintah Daerah (Pemda) Pulau Taliabu, namun sayangnya sebelum dilakukan pengalian tidak ada analisis dampak lingkuang sehingga masyarakat jadi korban, bahkan sebelumnya sudah di warning (diberi peringatan) Kepala Dinas P2LH akan tetapi pekerjaan Galian C tetap dilakukan.

Aktifitas penambangan Galian C yang di gunakan untuk menimbunan lokasi proyek pemerintah Taliabu itu, sempat mengakibatkan terjadinya pencemaran lingkungan pemukiman warga hingga ke jalan raya, bahkan mesjid di Dusun Salenga pun hampir tertimbun dan tercepar dari aktfitas pembangilan galian C tersebut, dengan demikian di butuhkan adanya ketegasan dari Pemerintah Daerah khususnya Dinas P2LH.

Aktifitas Galian C di Belakang Dusun Salenga Desa bobong (Foto/Yanto/lintasmalut.co.id)

Berdasarkan Amatan lintasmalut.co.id selama satu pekan terakhir, dari aktifitas pengambilan Galian C oleh pihak rekanan juga berdampak di jalanan protokur. Tanah dan dan bebatuan dalam ukuran besar pun berserakan di jalan raya, tanpa ada kepedulian dari pihak rekanan untuk membersihkanya , sementara hal itu kerap mengancam para pengguna jalan yang berbuntut pada terjadinya kecelakaan lalulintas, ini pun juga terkesan di diamkan oleh pihak P2LH tanpa ada langkah tegas, sehingga rekanan bisa tau diri jangan hanya berfikir mengerjakan terget pekerjaan, namun menyusahkan orang banyak.

Lokasi yang sebelumnya di uangkapkan oleh Kepala Dinas P2LH bahwa pihaknya telah memasang papan peringatan di lokasi Galian C dan telah menyurti pihak rekanan, akan tetapi buktinya di lapangan aktifitas pengambilan Galian C terus di lakukan, untuk kepentingan mereka, tanpa melihat sisi dampaknya bagi warga sekitar kawasan pengambilan galian C tersebut. (As)

Komentar