oleh

Anggap Perusda Kuras APBD

TIDORE , Lintasmalut.net – Penyertaan modal Pemerintah Kota Tikep kepada Perusahaan Daerah (Perusda) Aman Mandiri mendapat kritikan pedas dari anggota DPRD Tikep. Bahkan DPRD Tikep mengancam akan menghentikan penyertaan modal tersebut lantaran dianggap tidak memberi kontribusi dan hanya membebani APBD. Sejak didirikan pada tahun 2017, Perusda Aman Mandiri hingga kini sudah mengelola modal sekitar Rp 9 miliar.

Namun dengan modal sebesar itu, belum bisa memberikan keuntungan yang signifikan.
Hal ini pun mendapat sorotan dari akademisi Universitas Khairun (Unkhair) Abdul Kadir Kamaluddin. Menurutnya, kehadiran Perusda setidaknya membantu percepatan ekonomi pada daerah tertentu. Selain meningkatkan PAD, juga diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

”Wajar kalau DPRD Kota Tikep sebagai fungsi kontrol melakukan evaluasi pada Perusda Aman Mandiri sebagai upaya untuk menilai efektivitas program yang dilaksanakan,”ujarnya.

Penyertaan modal yang diberikan oleh Pemerintah Kota Tikep kepada Perusda Aman Mandiri, kata dia, harusnya dimanfaatkan dengan baik melalui programnya, sehingga dapat meningkatkan PAD Kota Tikep. ”Kalaupun realisasi program berbanding terbalik dengan penyertaan modal, maka ini akan menjadi beban bagi APBD,” tuturnya sembari mengatakan pengembangan program Perusda tetap dilakukan, namun tidak sebatas pada pembelian hasil bumi (Pala, Cengkeh dan Kopra).

”Tetapi lebih pada industri pengolahannya,” sambungnya.

Dekan Fakultas Pertanian ini juga menyarankan kepada Pemkot agar melakukan evaluasi program Perusda, kalaupun tidak efektif, maka diambil langkah konkrit untuk dilakukan penataan manajemennya. Perusda merupakan organisasi profesional yang diharapkan membantu percepatan ekonomi daerah.

”Manajer yang profesional, memang diberikan kekuasaan penuh untuk mengambil kebijakan yang diprogramkan. Kalau pendiriannya hanya membebani APBD, maka Pemkot harusnya mengevaluasi pengurus Perusda. Perusda jangan dibubarkan, tetapi pengurusnya yang dievaluasi,” ujarnya. 

Sumber : Malut Post

Komentar