oleh

Baru Dilantik, Anggota DPRD Halbar Atus Sandiang Ditetapkan Tersangka

-HUKRIM-1.862 views

JAILOLO – Seorang anggota DPRD terpilih Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) priode 2019-2024 Atus Sandiang dan baru dilantik pada (23/9) lalu ditetapkan sebagai tersangaka oleh Kepolisian Resort (Polres) Halbar atas kasus dugaan pencemaran nama baik terhadap Fransiskus Salakati.

Sebelumnya, Atus yang juga politisi Partai Gerindra itu dilaporkan oleh Fransiskus, Majelis serta aktifis Gereja Eben Haezer Desa Akediri, Kecamatan Jailolo ke Polres Halbar (25/8) lalu karena diduga melakukan pencemaran nama baik dengam cara mengeluarkan pernyataan dengan nada menuding bahwa Fransiskus telah menyalahgunakan anggaran pemuda. Tudingan Atus terhadap Fransiskus itu disampaikan pada saat pelaksanaan ibadah.

Kasatreskrim Polres Halbar Ipda Anas Kahfi Z,S mengatakan, proses penyelidikan dan penyidikan di Polres sudah memenuhi unsur untuk menetapkan Atus sebagai tersangka, “Iya sudah dilakukan penetapan tersangka,” singkatnya ketika dikonfirmasi, Kamis (3/10).

Anas menjelaskan, pada saat proses penyidikan, penyidik juga telah mengirim Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) ke Kejaksaan pada Senin (30/09) lalu.

“Proses penydikan telah dilalui hingga pada proses penetapan tersangka, para saksi juga sudah diperiksa,” jelasnya.

Anas menyebut, jika berkas tahap satu perkara tersebut juga sudah siap dan di rencanakan pada Senin (7/10) pekan depan akan dilakukan penyerahan berkas tahap satu ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Halbar.

“Berkas tahap satu akan kita kirim ke Kejari untuk diperiksa, jika dalam pemeriksaan berkas masih ada kekurangan maka akan dikembalikan untuk diperbaiki,” ungkapnya.

Untuk perkembangan kasus. Sambung Anas, penyidik akan mengirim Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan (SP2HP) kepada korban, sehingga korban juga bisa mengetahui proses kasus tersebut sudah sejauh mana.

“Penyidik juga akan mengirim SP2HP kepada korban, agar bisa mengetahui perkembangan penyidikan kasus tersebut,” pungkasnya. (BAF)

Komentar