oleh

Basarnas Ternate Selenggarakan Pendidikan Underwater Rescue

TERNATE, Lintasmalut.net  – Untuk meningkatkan kemampuan personil dalam melakukan operasi, Kantor Basarnas Ternate menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Underwater Rescue, selama enam hari, sejak Senin (19/11/2018) hingga Sabtu (24/11/2018) akhir pekan mendatang.

Kepala Kantor Basarnas Ternate, M Arafah, membuka langsung kegiatan pelatihan bersertifikasi ini, bertempat di gedung serba guna Basarnas Ternate dan dihadiri oleh seluruh pegawai kantor Basarnas Ternate.

Dalam sambutannya Arafah menyampaikan, kegiatan pelatihan dan pendidikan ini merupakan suatu rangkaian kegiatan yang sangat penting, untuk meningkatkan kesiapan sumber daya manusia dalam pelaksanaan Operasi SAR, sehingga dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan serta dapat meminimalis jumlah korban.

“Sehingga diharapkan agar apabila terjadi kecelakaan atau bencana di laut, maka potensi SAR bisa dilibatkan dalam rescue sehingga proses dapat berjalan maksimal,” ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam beberapa sesi, untuk hari pertama diberikan materi di kelas, selanjutny akan diberikan pelatihan langsung di alam terbuka, tepatnya di pantai Jikomalamo Ternate.

Sedikitnya 12 peserta terlibat dalam pelatihan underwater rescue ini, diantaranya 8 personil Basarnas Ternate, 2 personil Lanal Ternate, 1 personil Korem 152 Babullah Ternate dan 1 personil Polairud Polda Malut.

Sementara itu, instruktur yang didatangkan dari Jakarta berasal dari POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia) dengan jumlah personil 3 orang.

Sumber : Indotimur

 

Komentar