oleh

Bawaslu Gelar Apel Siaga Pengawasan PSU Pilgub Malut

-POLITIK-94 views

Taliabu, LM – Badan pengawas pemilu pulau Taliabu ( Bawaslu ) menggelar apel siaga pengawasan pemungutan dan penghitungan ulang pemilihan gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara tahun 2018. Apel siaga tersebut berlangsung di depan kantor Bawaslu Pulau Taliabu, Desa Wayo, kecamatan Taliabu Barat, Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara. Selasa, 16/10/2018 ( sore tadi ).

Koordinator divisi pengawasan pencegahan dan hubungan antar lembaga Bawaslu Provinsi Maluku Utara Hj, Masita Nawawi Gani Dalam sambutannya mengatakan, ” pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang selanjutnya disebut sebagai pemilihan adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat di wilayah provinsi untuk memilih gubernur dan wakil gubernur secara langsung dan demokratis sesuai yang diamanatkan dalam azas pemilu yakni, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, ” Ungkapnya.

Lanjutnya, ” perlu saya ingatkan beberapa hal yang menjadi fokus pengawasan pada saat pemungutan dan penghitungan suara ulang nanti diantaranya : pertama, memastikan proses pemungutan suara berjalan sesuai dengan tahapan yang berlangsung. Kedua, memastikan proses pemungutan di lakukan secara terbuka dan transparan. Ketiga, memastikan hak warga negara dapat menyalurkan haknya, tanpa ada tekanan, paksaan serta janji tertentu. Keempat, memastikan penyelenggara tetap netral, dan tidak berpihak kepada siapapun. Kelima, sedianya setelah apel siaga ini saudara/i agar melakukan patroli pengawasan dan berupaya mendorong partisipasi pemilih untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilihan esok hari, ” tegasnya.

Hadir pada apel tersebut, Dwi Putra Nugraha, S.H.,M.H ( Tim Asisten Devisi Hukum Bawaslu RI ). Geano Giovan Naldi, S.H. ( Staf Bagian Hukum Bawaslu RI ). anggota Bawaslu provinsi Maluku Utara Masita Nawawi, ( divisi pengawasan pencegahan dan hubungan antar lembaga ), Ikbal Ali, Irwanto Djurumudi ( kasubag hukum bawaslu provinsi)
DITSAMAPTA Polda Malut sebanyak 10 orang, SATBRIMOB Polda Malut sebanyak 10 orang, Kodim 1509-koramil Bobong dan batalion RK 732 BANAU 1 SSK, dan ketua Panwascam Se – pulau Taliabu.

Komentar