oleh

Bawaslu Halteng Gelar Bimtek SDM dan Kesekretariatan

Bimtek Sumber Daya Manusia pengawasan pemilu dan Kesekretariatan di Hotel Mutiara, Kota Weda. (Foto: Ist.WAN)

WEDA, Lintasmalut.net Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sumber Daya Manusia (SDM) pengawasan pemilu dan Kesekretariatan di Halmahera Tengah (Halteng).

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas dan SDM Pengawas Pemilu mengenai pengelolaan kesekretariatan Bawaslu Halamahera Tengah dan Panwaslu Kecamatan se-Halteng.

Sebagaimana diamanatkan dalam UU nomor 7 tahun 2017 pasal 151. Serta Peraturan Presiden RI Nomor 68 tahun 2018 tentang kedudukan, tugas, fungsi wewenang, organisasi dan tata kerja sekretariat Bawaslu.

Sekretariat Bawaslu Provinsi, Kabupaten atau Kota secara substansinya harus mengamanahkan tugas pemberian dukungan administrasi dan teknis operasional yang berkontribusi terhadap pencapaian output kegiatan untuk mencapai visi misi Bawaslu.

“Misi Bawaslu adalah membagun aparatur dan kelembagaan Pengawas Pemilu yang kuat, mandiri dan solid,” kata Kasubag Administrasi Bawaslu Provinsi Maluku Utara, Tri Adianto Baay (Narasumber), Rabu (13/2/2019).

Berangkat dari upaya atua pencapaian dari misi itu, Ketua Bawaslu Halteng, Sitti Hasmah menambahkan, pelaksanaan Bimtek SDM Pengawas Pemilu dan Kesekretariatan adalah penting untuk dilakukan.

“Kegiatan ini sangat penting dilakukan demi meningkatkan kapasitas SDM Pengawas Pemilu. Kemudian terciptanya sinergitas kelembagaan melalui peran administratif dan substantive dalam menghadapi Pemilu tahun 2019,” kata Sitti.

Turut hadir dalam Bimtek ini yaitu, Ketua, Kepala Sekretariat dan Bendahara Panwascam se-Halteng. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, mulai pada Rabu, 13-14 Februari 2019 di Tiara Halmahera Hotel, Desa Fidi Jaya Kecamatan Weda. (WAN).

Komentar