oleh

Bawaslu Halteng Tingkatkan SDM Pengawasan Pemilu 2019

Rapat pengawasan Pemilihan Umum yang dilakukan oleh Bawaslu Halteng (foto ist.Wan)

WEDA, Lintasmalut.net – Untuk meminimalisir terjadinya kecurangan dan ketidakadilan dalam penyelenggara Pemilihan Umum, Bawaslu Halmahera Tengah, Maluku Utara, melakukan rapat koordinasi pengawasan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), DPR-RI, DPD, dan DPRD di salah satu Hotel ternama di Kota Weda.

Hal ini mengacu pada Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum 2019. Peraturan Bawaslu RI No 21 tahun 2018 tentang pengawasan penyelenggaraan Pemilu 2019.

Serta Peraturan KPU tentang perubahan kedua atas peraturan KPU No 7 tahun 2017, tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan Pemilu tahun 2019.

Ketua Bawaslu Halteng, Sitti Hasmah mengatakan, rapat koordinasi pengawasan Pemilu ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antar personil pengawasan terkait dengan peraturan UU berdasarkan temuan.

“Kegiatan ini dipandang penting untuk menggali informasi terkait dengan hasil pengawasan terhadap Pemilu. Serta meningkatkan kapasitas pengawasan pemilihan umum 2019,”Ungkap Sitti, Selasa (12/2/2019).

“Ini juga dapat meningkatkan pengetahuan semua anggota Bawaslu terkait tahapan Pemilu 2019, dan menciptakan Pemilu yang jujur, adil dan bermartabat,” sambungnya.

Sitti berharap, dengan kegiatan ini Bawaslu mampu menciptakan sebuah strategi dalam mengawasi tahapan Pemilu 2019.

Dan, cita-cita demokrasi bangsa ini dapat terwujud sebagaimana yang telah diamanatkan oleh UU. (Wan)

Komentar