oleh

BBPPKS Regional VI Papua Gelar Diklat P2K2 PKH di Malut

 

Pembukaan Diklat P2K2/FDS dan PKH E – Learning Gelombang ke II tahun 2019 (foto: istimewa Lintas Malut)

TERNATE – Balai Besar Pendidikan Dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional VI Papua Kementerian Sosial (Kemensos) RI menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) Family Development Session (FDS) Program Keluarga Harapan (PKH) E – Learning Gelombang ke II tahun 2019 yang dipusatkan di Muara Hotel lantai III selama sepuluh hari sejak Sabtu tanggal 2 hingga Kamis (14/3/2019).

Sebanyak 99 peserta yang mengikuti Diklat tersebut terdiri dari lima Kabupaten/Kota yakni Kota Ternate 16 orang, Kota Tidore 20, Halsel 40, Taliabu 7 dan Kepualauan Sula 16 serta narasumber fasilitator yang terlibat dalam penyelenggaraan Diklat ini diantaranya, Dr. Kasim Slaeh, Dr. La Usman, Dr. Fonda Marlina Waramori, Drs. Elvis Mangiri, Burhanudin, Prihantini, Nursehan, Ali Robo Talaohu dan Rudy Rasabessy.

Widia Iswara BBPPKS Regional VI Papua Burhanudin mengatakan, tujuan Pendidikan dan Pelatihan Diklat Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga P2K2 ini adalah salah satu program di Kemensos RI yang melekat pada Program Keluarga Harapan PKH, ini merupakan pembekalan bagi pendamping PKH agar memiliki kompetensi didalam memberikan penguatan kepada Keluarga Penerima Manfaat KPM

“Kompetensi dimaksud adalah kemampuan untuk menyampaikan lima materi utama yang harus mereka sampaikan dalam pertemuan bulanan, jadi bagi informasi salah satu kewajiban bagi pendamping PKH dilapangan itu adalah melakukan pertemuan bulanan bertemu dalam KPM itu mereka diharapkan mampu memberikan tema tema penting yang terkait dengan kesejahteraan sosial,” Katanya saat ditemui di lantai tiga Muara Hotel, Selasa (12/3/2109) pukul 23.30 WIT.

Burhan juga menambahkan, materi yang di sampaikan ada lima yang pertama tentang pendidikan dan pengasuh anak. Perencanaan keuangan keluarga dan bagaimana memulai usaha. Pengetahuan tentang kesehatan dan gizi, Perlindungan anak, dan Kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas dan lansia

“Jadi kelima ini kami dalam pelatihan didesain ada dua model disini yang kita terapkan untuk memberikan materi ini, model yang pertama itu memulai pembelajaran jarak jauh, yang kedua metode tatap muka selama 10 hari,” Ujarnya.

Penanggungjawab penyelenggara Diklat Yus menjelaskan, Dilkat P2K2 PKH saat ini diselenggarakan di seluruh wilayah indonesia kemudian untuk BBPPKS Regional VI Papua mempunyai empat wilayah kerja

“Wilayah kerja kami ini ada empat Provinsi mulai dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara tapi salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemensos RI ada di papua kemudian dalam kegiatan ini menyelengarakan seluruh PKH di setiap provinsi,” Ungkapnya.

Sementara Kordinator Wilayah (Korwil) PKH Malut Rudi mengatakan, Diklat ini merupakan gelombang ke II yang dilaksanakan BBPPKS Regional VI Papua

“Ini adalah gelombang ke II untuk lima Kabupaten/Kota di Maluku Utara yang pertama di Tobelo dan sudah berahir kemarin,” Katanya (Alan)

Komentar