oleh

Belasan Miliyar Anggaran Milik Pemkab Kepsul Akan Dipotong

BOBONG – Undang – undang pemekaran Kabupaten Pulau Taliabu nomor 13 tahun 2016 mengisyaratkan tanggung jawab Kabupaten Induk (Kepulauan Sula, red) terhadap Pulau Taliabu sebesar 60 Miliyar. Namun hal itu, hingga saat ini belum juga dituntaskan sebab Kabupaten Kepulauan Sula selaku Kabupaten Induk masih menyisahkan utang sebesar 18 Miliyar.

Tanggungjawab Pemkab Kepsul Sementara berdasarkan aturan, Kabupaten induk diwajibkan untuk memberikan bantuan dana DOB dalam kurun waktu tiga tahun sudah harus dituntaskan.

“Hingga saat ini belum juga selesai tanggungjawab Kepulauan sula terhadap Kabupaten Pulau Taliabu, masih kurang lebih 18 Miliyar lagi yang harus di selesaikan oleh mereka, bahkan anggaran ini sudah kami komunikasikan dengan mereka untuk segera mereka menyelesaikan, ” kata Kepala Badan Keuangan Daerah dan Aset Kabupaten Pulau Taliabu, Irwan Mansur, SH kepada Lintasmalut.net belum lama ini.

Lanjut Irwan, Kabupaten Kepulauan sula diberikan tanggung jawab tersebut selama tiga tahun dan dibagi per tahun sebesar 20 Miliyar yang harus di transfer ke kas Pemda Pulau Taliabu, tetapi dana tersebut sempat tertunda pada tahun 2107 lalu.

Namun, berdasarkan hasil mediasi dengan Pemkab Kepsul dengan Pemkab Pultab oleh pihak Kemeterian Keuangan melalui Dirjen Bina Keuangan Daerah serta berdasarkan PMK nomor 50 maka akan dilakukan pemotongan dana anggaran milik kabupaten induk (Pemkab Kepsul, red) secara langsung oleh pihak Kemetrian kemudian ditransfer ke DOB (Pemkab Pultab).

“Kami menyadari kemungkinan Pemkab Kepsul ada keterbatasan anggaran namun ini adalah tangung jawab dan harus mereka penuhi, insya Allah anggaran dana hibah DOB ini dapat diselesaikan melalui pemotongan langsung oleh pihak Kemeterian keuangan RI, ” pungkasnya.(As)

Komentar