oleh

Berkas Dugaan Kasus Pencabulan, Penyidik Polres Halbar Belum Lengkapi Petunjuk JPU

-HUKRIM-43 views
Kantor Kejari Halbar (Foto: Jojo/lintasmalut.co.id)

JAILOLO – Penyidik Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) belum mampu memenuhi petunjuk Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Halbar.

Pasalnya, petunjuk JPU kepada penyidik Polres terkait kasus dugaan pencabulan yang diduga dilakukan oleh tersangka Abdullah terhadap ponakannya sendiri di Desa Hatebicara Kecamatan Jailolo, pada Januari lalu, hingga saat ini kasus tersebut belum juga dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Ternate, karena penyidik Polres belum mampu melengkapi petunjuk Jaksa.

“Kita sudah berikan petunjuk, namun hingga saat ini penyidik polres belum melengkapi petunjuk tersebut,”ungkap Kasipidum Kejari Halbar, Dimas Rangga Ahimsa saat ditemui di kantor Kejari, Jumat (26/7).

Dimas mengaku, sebelumnya penyidik telah menyerahkan berkas kasus pencabulan dengan tersangka Abdulah ke Kejari, namun berkasnya belum lengkap sehingga JPU mengajukan berkas tersebut ke penyidik. Setelah berkas tersebut dikembalikan ke penyidik kemudian petunjuk Jaksa hanya dilengkapi 4 poin dari 10 poin petunjuk dari Jaksa. Olehnya itu, Jaksa kembalikan lagi berkas tersebut ke penyidik.

“Tercatat sudah tiga kali berkas kasus pencabulan ke penyidik Polres,”akunya.

Dimas juga menjelaskan, Jaksa tetap menunggu berkas dari penyidik Polres, Jika semua petunjuk sudah terpenuhi maka Jaksa kembali melakukan penelitian, apakah berkas perkara pencabulan sudah memenuhi unsur atau belum.

“Kita masih menunggu berkas dari penyidik Polres, jika semua petunjuk sudah mereka penuhi, maka kita akan teliti apakah sudah memenuhi unsur atau belum dan kalau sudah memenuhi unsur, maka berkasnya dinyatakan lengkap,”pungkasnya. (Jojo)

Komentar