oleh

Berkas Kasus Almarhumah Kiki Kumala Menunggu Hasil DNA Dari Jakarta

-HUKRIM-44 views
Tim Hukum Kiki Kumala saat berkoordinasi dengan Ditreskrimum Polda Malut (Foto:Is/lintasmalut.co.id)

TERNATE – Deoxyribo Nucleic Acid (DNA) Almarhumah Gamaria Wahab Ibrahim (19) alias Kiki Kumala korban pemerkosaan dan pembunuhan sementara masi di Jakarta. DNA tersebut masi dilakukan uji sampel dan akan dikirim ke Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Malut dalam 20 hari kedepan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ditreskrimum Polda Malut, AKBP Agus Yulianto usai melakukan kordinasi dengan tim hukum Kiki Kumala.

“Makanya kita sampaikan perkembangan perakara ini untuk melengkapi berkas serta menunggu hasil DNA yang kemungkinan 20 hari kedepan sudah dikirim kembali,” kata Agus didampingi Kabid Humas Polda Malut, AKBP Hendry Badar kepada awak media, Senin (5/8).

Menurut Agus, berkas kasus ini dengan tersangka M Irwan Tutuwarima (35) alias Ronal sudah hampir rampung hanya menunggu hasil DNA. “DNA tersebut membuktikan benar tidaknya terjadian tindak pidana pemerkosaan yang diambil sampelnya dari korban maupun tersangka,”ujarnya.

Perkembangan kasus Almarhumah ini. Kata Agus, terus dilakukan kordinasi dengan Polres Halteng dan Tidore. Koridinasi itu berkaitan saksi-saksi atau bukti-bukti terbaru apabila ditemukan. “Banyak informasi dari masyarakat digali oleh penyidik masih simpang siur seperti bola salju yang menggelindang,” ucapnya.

Agus juga membenarkan, barang bukti berupa satu buah koper berisikan pakeang yang ditemukan baru-baru ini adalah milik korban Almarhumah dan sudah diamankan kepolisian.

“Hanya Hp milik korban belum ditemukan. Penerapan pasal dalam perkara tetap masih sama dijerat kepada tersangka Pasal 340, 339, 338, serta Pasal 285,”ujarnya.

Agus menegaskan, perkara ini menjadi atensi Kapolda Malut sehingga diambil alih demi kemudahan penangananya. Karena itu, dalam pemberkasan dari Krimum Polda yang kemudian diserahkan ke Jaksa Pununutu Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi Malut. Tersangka sendiri masih ditahan di Polres Tidore, setelah tahap II maka tersangka beserta barang bukti langsung dilimpahkan ke Kejati Malut.

“Kasus ini ditangani serius oleh Polda Malut maka diharapkan kepada masyarkat agar mempercayakan kepada kami supaya penananganya berjalan dengan lancar,”pungkasnya.

Terpisah, ketua tim hukum korban Almarhumah, Maharani Corolina mengatakan, hasil kordinasi dengan penyidik untuk memastikan penanganan kasus tersebut dan apa yang disampaikan Diterskirmum Polda Malut sudah cukup jelas. Hanya saja tinggal menunggu Hasil DNA yang kemunginan datang berapa hari lagi.

“Pihaknya Polda juga meminta kepada kami apabila menemukan informasi saksi dan bukti tambahan maka segara dilakukan kordinasi atau dilaporkan. Kami apresiasi kinerja Polda Malut namun kami juga tetap mengawal kasus ini hingga tuntas,” tandasnya. (Alan)

Komentar