oleh

BK-Lutfi Disinyalir Kantongi Rekom PDI-P, Irvan Hasanuddin: Rekom Belum Keluar

-POLITIK-891 views

HALSEL – Dukungan Partai Politik (Parpol) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Bupati dan Wakil Bupati di Halmahera Selatan terbilang sengit.

Pasalnya, hingga saat ini baru Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Usman Sidik-Hasan Ali Bassam Kasuba dan Helmy Umar Muchsin- La Ode Arfan yang sudah memiliki dukungan Parpol dan dipastikan memiliki sheet untuk mengikuti hajatan tersebut.

Usman Sidik- Hasan Ali Bassam Kasuba saat ini sudah mengantongi Rekomendasi enam Parpol sebagai syarat untuk mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Keenam Parpol tersebut diantaranya, PKB (4 kursi), PKS (3 kursi), PSI (1 kursi), PAN (1 kursi), Demokrat (2 kursi) dan Partai Golkar (5 kursi). Sementara Helmy Umar Muchsin-La Ode Arfan di usung dua Partai Politik yakni, Partai Nasdem (5 kursi) dan Hanura (1 kursi).

Sementara itu, Bahrain Kasuba yang juga Bupati Petahana hingga saat ini baru memiliki dukungan dari Partai PKP-Indonesia dengan bermodalkan dua kursi di DPRD Halsel, Bupati Petahana masih membutuhkan dukungan Parpol lainnya untuk mencukupi sheet enam kursi sebagai syarat untuk mendaftar ke KPU.

Saat ini tinggal tiga Parpol yakni, PDI-Perjuangan (2 kursi), Gerindra (3 kursi) dan Berkarya (1 kursi) dari total 12 Partai yang memiliki kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Halmahera Selatan.

Namun, Bahrain Kasuba saat ini disinyalir telah mengantongi Rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI-Perjuangan. Jika ini benar adanya, maka tinggal Partai Gerindra dan Berkarya untuk bisa mengantarkan Bupati Petahana mendaftar ke KPU sebagai kontestan di Pemilukada 9 Desember mendatang. Apabila Gerindra mengikuti koalisi Usman-Basam dan atau Helmy- La Ode Arfan maka dipastikan Pemilukada Halsel tanpa petahana.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Dewan Pimpinan Daerah Provinsi Maluku Utara (Malut) Irvan Hasanuddin mengatakan, untuk Rekomendasi PDI-Perjuangan hingga saat ini belum keluar.

“Untuk saat ini Rekom PDI-Perjuangan untuk Kabupaten Halmahera Selatan belum keluar,” katanya ketika dikonfirmasi via pesan WhatsApp, Rabu (15/7/2020).

Disentil terkait waktu penyerahan. Kata Irvan, Rekomendasi PDI-Perjuangan pun belum di keluarkan. “Jadwalnya belum keluar,” singkatnya. (Bar)

Komentar