oleh

BP4D Haltim Launching Laman Bangda

 

MABA, LM – Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Halmahera Timur (Haltim), menggelar launching dan sosialisasi Laman Bangda. Kegiatan ini merupakan item Proyek Perubahan Diklat PIM III. Muhammad Sarmin Adam, Kepala Bidang Pengembangan Pembangunan Manusia menyatakan, Laman Bangda atau Jendela Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah ini lebih fokus pada isu dan strategi perencanaan pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Haltim baik yang sedang maupun dalam tahap perencanaan. Demikian dikatakan Sarmin saat mempresentasikan Laman Bangda pada para audiens yang terdiri dari perwakilan OPD di lingkup Pemkab Haltim.

Menurutnya, beragam fitur yang ditampilkan pada laman https://lamanbangda.haltimkab.go.id, nantinya akan berisi informasi berupa perencanaan, progres pembangunan, data dan dokumentasi, pigura (galeri foto dan video), serta beragam menu lainnya. “Termasuk juga fitur ruang gagasan publik yang diharapkan dapat mendapat feedback dari masyarakat secara interaktif terkait isu-isu pembangunan. Semuanya akan diintegrasikan dengan beragam platform media sosial (medsos) agar bisa diakses secara luas oleh masyarakat,” jelasnya.

Mewakili Kepala BP4D Haltim, Ricky Chairul Richfaat ST MT, Kepala Bidang Ekonomi BP4D Irmawati Abdulkadir mengatakan, kehadiran Laman Bangda diharapkan menjadi jawaban atas persoalan belum tercovernya informasi perencanaan yang lebih luas dan merata pada publik dengan memanfaatkan sarana teknologi informasi dan komunikasi (TIK). “Saat ini kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sudah sangat pesat. Nah, harapannya, dengan memanfaatkan peluang tersebut, Laman Bangda ini dapat menjadi salah satu sumber informasi bagi masyarakat akan proses dan progres pembangunan di Haltim khusus pada sisi perencanaannya,” ujar Irma.

Sosialisasi Laman Bangda sendiri mendapat respon positif dari para audiens. Mereka umumnya mengharapkan kehadiran Laman Bangda tidak sekedar menjadi proyek perubahan Diklat PIM III saja, namun benar-benar nantinya dikembangkan BP4D Haltim sebagai sarana informasi pembangunan di Haltim. “Misalnya hasil-hasil Musrenbang di tingkat desa dan kecamatan langsung bisa diakses pada Laman Bangda sehingga masyarakat dapat tahu apakah usulan pembangunannya diakomodir atau tidak. Misalnya, jika belum diakomodir, terkendala pada hal apa saja, akan lebih terbuka diinformasikan lewat Laman Bangda ini,” usul salah satu peserta.

Sumber : Malut Post

Komentar