oleh

Bupati Aliong Mus Instruksikan Inspektorat Audit DD dan ADD Taliabu

Bupati Pulau Taliabu H. Aliong Mus. ST (Foto/Yanto/lintasmalut.co.id)

BOBONG – Bupati Kabupaten Pulau Taliabh H. Aliong Mus. ST bakal menginstruksikan Inspektorat melakukan Audit terhadap pengelolaan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) Tahun anggaran 2018-2019 yang dikelolah 71 Kepala Desa di Kabupaten Pulau Taliabu.

Audit yang di lakukan Inspektorat tetsebut akan didampingi Dinas terkait yang berhubungan langsung dengan relalisasi pencairan penggunaan DD maupun ADD.

” Dalam waktu dekat saya akan mengintruksikan kepada Inspektorat yang didampingi pihak Dinas terkait untuk melalukan audit terhadap penggunaan dan pengelolaan ADD mauPun DD di Pulau Taliabu, maka dari itu agar Kepala Desa dapat segera menyiapkan laporan pertanggung jawabannya, sebelum tim audit turun ke Desa masing – masing,” Uajar Bupati Aliong Mus, sabtu (22/6/2019) di sela sela kegiatan tatap muka tim Penggerak PKK Taliabu.

Audit yang dilakukan oleh Pemda setempat, kata Bupati Aliong Mus. Tidak hanya di lakukan pihak Inspektorat semata, namun pihak Pemda juga akan melibatkan Kejaksaan dan Kepolisan, hal itu di lalukan agar ada kejelasan yang detail atas pengelolaan DD dan ADD selama di kelolah langsung Kepala Desa di 71 Desa, Bupati juga mengimbau agar kepada seluruh Kades, segara menyiapkan laporan dengan sebaik mungkin sebelum tim audit turun ke seluruh Desa.

” Jadi segera siapkan laporan pertanggung jawaban, karena dalam waktu dekat ini tim akan bekerja, tentunya ini tidak di lakukan oleh pihak inspektorat saja, akan tetapi biar semua jelas ,maka kami juga akan melibatkan pihak kepolisan dan kejaksaan,sehingga semua ada transparansi atas penggunaan atas pengelolaan DD dan ADD melalui audit yang akan di lakukan tersebut,” Ujarnya.

Bupati Aliong Mus menegaskan, jika dalam audit yang di lakukan Inspektorat bersama Kejaksaan dan Kepolisian, jika ada temuan maka patut di sikapi sesuai dengan aturan yang berlaku , pihaknya pun tidak mau tau apa itu kepala desa yang memiliki hubungan kerabat ataupun teman dekat , jika salah dalam pengeloaan anggaran DD maupun ADD harus bertanggung jawab sesuai prosudur hukum yang berlaku,” Tegasnya.

” Sudah cukup lama saya memberikan kelonggaran, maka saya tidak pandang buluh, jika pada saat audit dan pemeriksaan nanti ada temuan, maka itu siap tanggung jawab, saya tidak mau tau apa itu keluarga maupun kerabat semua harus di sikapi dan di proses sesuai aturan jika salah dalam pengeloaan DD dan ADD,”Cetus Bupati Aliong Mus. (As)

Komentar