oleh

Bupati Beny Laos Jadi Irup Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-74

DARUBA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai gelar upacara dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-74 dengan tema “Peran Strategis Guru Dalam Mewujudkan SDM Indonesia Unggul” yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati, Senin (25/11).

Bertindak selaku inspektur upacara Bupati Morotai Beny Laos dan dihadiri Wakil Bupati Asrun Padoma, Forkompimda, Sekda Muhammad M. Kharie, para asisten dan staf ahli, Kakamenang Morotai H. Hasyim Hi. Hamzah, para Pimpinan SKPD, Kepsek dan guru, staf ASN serta Siswa-siswi SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Morotai.

Amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nadiem Makarim yang dibacakan Bupati Beny Laos menyampaikan, dalam amanat tersebut ingin berbicara apa adanya dengan hati yang tulus kepada semua guru yang ada di indonesia.

“Saya ingin berbicara apa adanya, dengan hati yang tulus, kepada semua guru di indonesia dari sabang sampai merauke. Guru Indonesia yang tercinta, tugas anda adalah yang termulia sekaligus yang tersulit, anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan”, tutur Beny saat membacakak amanat Mendikbud.

“Anda ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas, tetapi waktu anda habis untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas. Anda tahu betul bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan. Anda ingin mengajak murid keluar kelas untuk belajar dari dunia sekitarnya, tetapi kurikulum yang begitu padat menutup pintu petualangan,” sambungnya.

“Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar, berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas, cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas, temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri, tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan. Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak. Selamat Hari Guru,” tutup Beny. (Fik)

Komentar