oleh

Bupati Halbar Panen Jagung Bersama Kelompok Tani

JAILOLO – Bupati Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Dany Missy di dampingi pejabat Pemda Halbar bersama kelompok Tani Desa Tugu Air, Kecamatan Ibu Selatan, laksanakan panen jagung bersama, Rabu (22/05/19) kemarin.

Petani jagung di Halbar sangat antusias mensukseskan program pengembangan tanaman, salah satunya adalah kelompok tani Desa Tugu Air. Sesuai data Dinas Pertanian Halbar, Total lahan yang diolah seluas 55 hektar dan saat ini 20 hektar yang sudah ditanami Jagung kemudian 15 hektar siap panen.

Bupati mengatakan, terkait hasil panen jagung, Pemda Halbar terus mendorong Perusahan Daerah (Perusda) menyambung hasil panen dengan harga yang sesuai, sehingga petani terus berproduksi tanpa mengalami kerugian.

“Petani tidak perlu bingung dengan hasil panennya, karena pemda sudah siapkan perusda untuk mengambil hasil Panen,”katanya.

Bupati menyebut, Pemda Halbar juga sudah ditawarkan oleh perusahan Samsung dari Korea untuk kerjama sama dalam pembiayaan hasil jagung di Halbar, namun Pemda Halbar belum menyetujui karena permintaan perusahan tersebut sangat besar yakni 500 ton.

“Karna program jagung di halbar baru uji coba 2 tahun dengan hasil yang maksimal sehingga permintaan perusahan tersebut belum kami setujui. Untuk itu, kami mengajak kepada masyarakat untuk menanam jagung lebih banyak lagi,”ujarnya.

Terpisah salah satu kelompok tani Selfina Liha menambahkan, dari hasil panen pertanian lainnya tanaman jagung lebih cepat.

“Tanaman jagung proses masa panennya tidak membutuhkan waktu lama,” singkatnya.

Selfina juga bersyukur dengan program jagung ini dirinya bersama kelompok tani Desa Tugu Air bisa mendapatkan pendapatan. (Jojo/ADV)

Komentar