oleh

Bupati Halbar Salurkan 85 Ton Beras

JAILOLO – Bupati Halmahera Barat (Halbar) Danny Missy, Senin (11/3) menyalurkan 85 ton beras Prasejahtera (Rastra) kepada masyarakat Kelompok Penerima Manfaat (KPM) se- Kabupaten Halbar.

Penyaluran sekaligus Launcing beras Rastra yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati, kemarin itu, Bupati danny Missy berharap kepada masyarakat agar memanfaat bantuan tersebut dengan baik dan dapat menunjang kebutuhan hidup sehari-hari.

”Saya berharap bantuan yang telah disalurkan dapat dimanfaatkan dengan baik dan penyaluran juga harus tepat sasaran dan tepat jumlah,”ungkap Bupati.

Bupati menambahkan, beras Rastra yang didistribusi itu, sudah dibayar lunas oleh Pemerintah Pusat (Pempus) melalui Kementrian Sosial (Kemensos), sehingga masyarakat tidak perlu keluarkan biaya sepeserpun untuk menerima bantuan tersebut, karena langsung di distribusi ke Desa masing-masing.

”Masyarakat tidak perlu khawatir soal distribusi beras Rastra, tugas masyarakat hanya mengambil beras dan menikmatinya saja. Penyaluran juga diawasi oleh satgas Bansos,”tegasnya.

Terpisah Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Halbar Samsuri Madjid menyatakan, beras Rastra sebanyak kurang lebih 85 ton itu mulai didistribusi dari Kecamatan Jailolo, Sahu, Sahu Timur, Ibu Tengah dan Ibu Tabaru, selanjutnya, Kecamatan Jailolo selatan dan Ibu Selatan, sementara Loloda pendistribusian dilakukan melalui jalur laut.

”Penyerahan dari Bupati kepada masyarakat KPM satu KK 1 karung isinya 10 kilo, sehingga saat ini diserhakan tiga bulan punya jadi tiga karong,”katanya.

Samsuri menjelaskan, masyarakat KPM yang menerima beras Rastra hanya sampai bulan April saja, karena pada bulan Mei mendatang, penerimaan bantuan melalui program e-Warung, sehingga masyarakat penerima manfaat diberikan kartu oleh Kemensos, untuk mengambil beras di kios yang telah ditetapkan. Penyerahan kartu e-Warung nanti diserahkan oleh pihak Bank yang nantinya ditunjuk langsung oleh Kemensos.Untuk data penerima kartu e-Warung saat ini Dinsos kembali melakukan verifikasi, karena dari Jumlah 800 KK saat ini masih dilakukan verifikasi ulang. Program e-Warung semata mata mempermudah masyarakat dalam mengambil bantuan, jadi setiam bulan warga tinggal ke warung mengambil beras dan teluh.

Hadir dalam pendistribusian beras rastra kemarin, Bupati Danny Missy, Perwakilan dari Bulog, Kapolres AKBP Deny Heryanto, SIK, Sekkab Syahril Abduradjak, Asisten, Staf Ahli dan pimpinan SKPD lingkup Pemkab Halbar. (Bur)

Komentar