oleh

Bupati Sula Adakan Pertemuan Bahas Komoditi Unggul

KEPULAUAN SULA, Lintasmalut.net – Bupati Kabupaten Kepulaun Sula (Kepsul) Hendrata Thes, melakukan pertemuan dengan beberapa dinas terkait guna mambahas komoditi unggul pengganti kopra yang selama ini menjadi isu hangat di kalangan mahasiswa  dan ormas akibat harganya anjlok.

Anjloknya harga kopra yang fluktuatif dikarenakan kualitas kopra yang kurang baik dan juga pasaran dunia yang tidak bagus akhirnya berdampak sampai ke daerah yang ada di penjuru tanah air.

Tim Terpadu yang dibentuk Bupati beberapa waktu yang lalu, telah melakukan kunjungan di beberapa Kecamatan dan Desa dalam rangka untuk mensosialisasikan dan memberikan pemahaman pada Kecamatan atau Desa setempat,  juga mengambil data sekaligus menyampaikan keinginan Pemerintahan Daerah (PEMDA) untuk mengalihkan pengolahan komoditi kelapa menjadi Crude Cocunut Oil (CCO). Dan mungkin pengolahan kopra biasa hitam ke kopra putih.

Dua pilihan tersebut dibahas bersama Dirjen PDN dan Jajarannya untuk dibantu mencari solusi.

Ibu Dirjen sangat apresiasi langkah Pemerintahan Daerah (PEMDA) di Sula untuk melaksanakan hal yang dimaksud.

Selaku Pemerintahan Pusat, dalam hal ini Kemendag akan membantu menurunkan Tim untuk melakukan pengkajian lebih detail apa langkah dan apa yang akan bisa di bantu oleh Kemendag, dan apa yang dirasakan masyarakat saat ini agar dapat diatasi secara bertahap.

Disamping itu, pertemuan ini  juga membahas komoditi yang lain seperti Mente, Sagu, dan lain-lain. Ibu Dirjen akan mensupport sesuai kebutuhan.

Sumber : Liputan Sula

Komentar