oleh

BWS Tingkatkan Pembangunan Irigasi dan Penyediaan Air Baku Di Malut

TERNATE, Lintasmalut.net – Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Sumber Daya Alam Balai Wilaya Sungai, tingkatkan pembangunan Irigasi dan penanggulangan Gunung serta penyediaan air Baku di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku Utara, atas peningkatan itu, kini Balai Wilayah Sungai (BWS) Mulai gencar melakukan pembangunan irigasi serta di beberapa titik di wiklayah Kabupate/Kota.

Kepala Bali Wilayah Sungai Malut, H. Abdul Muis ketika ditemui lintasmalut.co.id pada kegiatan hari Jadi Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Sumber Daya Alam Balai Wilaya Sungai, Ke-73 senin (3/12/2018) di Kantor BWS, mengatakan, beberapa wilaya di Maluku Utara saat ini mulai melakukan pembangunan irigasi di berapa titik
“yang kita suda melaksanakan membangun sekarang ini yakni irigasi dan jaringan irigasi di Kabupaten Halbar tepatnya di di Desa Akelamo dan di Kabupaten Haltim yang merupakan sala satu jaringan irigasi yang kita bangun jaman dulu dan sekarang kami dari Balai Wilaya Sungai (Bws) Sendiri akan memperjuangkan dan mangawal tempat irigasi yang suda di bangunan lebih meningkatkan bangunan irigasi di Maluku Utara,”ujar Abdul Muis

Selain itu kata dia, ada bangunan irigasi yang lama akan direhabilitasi Karena bangun jaringan irigasi tersebut usianya suda masuk pada tahapan pemeliharaan dan kami akan meningkatkan dan untuk bangunan ini kami melakukan rehabilitasi, optimalisasi, artinya agar bangunan irigasi ini masih tetap kembali seperti awal, bangunan tersebut berada di wiliya Halmahera Timur “ungkapnya.

Abdul Muis juga mengatakan, bahwa untuk kegiatan-kegiatan lain kami akan melaksanakan pembangunan penyedian Air Baku untuk kebutuhan Air minum yang ada di Provinsi Maluku Utara husunya yang ada di Kota Tidore sebab saat ini yang sementara kami tempati dan akan dilaksanakan pekerjaan, dan untuk kegiatan pembangunan penyediaan Air baku, yaitu berada di wilaya Kota Ternate Selatan yang ada di Kelurahan Ngade, dan ada juga di wilayah Tubo Ternate Utara, yang sementara dilaksanakan pembangunannya.

“hari ini kami suda melaksanakan menyambungan pipa air baku untuk melayani masyarakat di Pulau Maitara, Namun sementara kami sedang mengenkrankan air dari Pulau Tidore menuju Pulau Maitara, diharapkan pada tahun 2018 dan Ahir Bulan Desember ini kami suda menyelesaikan dengan baik. “Imbuhannya

Lanjut Abdul Muis, kini Kementrian Pekerjaan dan Perumahan Rakyat Balai Wilaya Sungai (BWS), Akan tetap mendukung menyedian Air Baku di Pulau Maitara melalui Pipanya dari bawa laut dari Pulau Tidore, dan sekarang suda mulai terlaksana di pastikan pada bulan Desember suda bisa selesaikan, Sehingga dengan melalui Air Baku bisa terpenuhi. Sementara penanggulangan lahar Gunung Gamalama dua tahun ini kami upayakan untuk melengkapi infrastruktur pembangunan pananggulangan, sehingga kami berharap, kejadian seperti Tahun lalu tidak trjadi lagi,”katanya.

“Harapan Kami muda mudahan dengan perencanaan penanggulangan ini tidak sampai pada ahir Desember 2019, dan Kami tetap dapat menyelesaikan perencanaan penanggulangan ini, sehingga berikunya akan kami pindahkan ke sungai- sungai lain meskipun dampaknya suda tidak lagi mulai besar, Karena sungai-sungai yang dampaknya lebih besar itu, hanya di kelurahan Tugurara tapi kenyatannya dan fakta di lapangan hampir di selesaikan, dan itu menjadi sala satu target utama kami Balai Wilaya Sungai (BWS) Malut. “harap Abdul Muis.

Selain itu dia juga meghimbau kepada masyarakat Kota Tidore dan Kota Ternate dan hususnya Pulau Maitara. bahwa Tidore kedepan kami akan agendakan kegiatan internasional pada tahun (2021 atau 2022 ) terkait dengan perjalanan Ekpedisi Megelhean untuk memperingati ulang Tahun yang ke 500.
“ada perjalanan dari Negara-Negara Spanyol yang akan meliputi beberapa Negara dan terahirnya akan di agendakan perjalanannya ke Wilaya Maluku Utara guna untuk peneliti kinerja Balai Wilaya Sungai Malut, bertempat di Kota Tidore, sementara ini kami kafer iformasi dari Pemerintah Kota Tidore bahwa kegiatan kunjungan itu akan di laksanakan di Pulau Maitara itu sendiri.”papar Abdul Muis. (Sr)

Komentar