oleh

Cegah Banjir, BPBD Pultab Akan Bangun Bendungan di Pencado-Maluli

Kepala BPBD Pultab Sutomo Teapon (Foto:As/lintasmalut.co.id)

TALIABU – Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) waktu dekat ini akan membangun bendungan guna mencegah terjadinya luapan sungai seperti yang terjadi di Desa Pencado dan Maluli, Kecamatan Taliabu Selatan beberapa waktu lalu.

Kepala BPBD Pultab, Sutomo Teapon mengatakan, untuk mengantisipasi meluapnya sungai yang membentang diantara Desa Pencado dengan Desa Maluli tersebut, maka akan dibangun bendungan dari hulu ke hilir tahun ini.

“Kalau tidak ada halangan Insya Allah dalam waktu dekat ini Pemerintah Pusat sudah  merealisasikan anggaran sebanyak 11 miliyar, sehingga  kami akan  fokus untuk  pembangunan  bendungan,”katanya kepada Lintas Malut, rabu (12/06/2019).

Dijelaskan, meluapnya sungai dan menimbulkan banjir kiriman ke tengah pemukiman padat penduduk di  dua desa tersebut ,karena terdapat rawa hidup yang sangat besar  sehingga ketika musim hujan tiba volume air semakin tinggi.

“Ada rawa hidup yang sangat besar tepatnya di belakang dua desa tersebut, sehingga kami tetap prioritas pembangunan bendungan tahun ini,” jelasnya.

Selain dua desa itu, Sutomo mengaku, telah mengusulkan proposal permohonan bantuan ke Pemerintah Pusat melalui BNPB  agar menjadi perhatian serius terhadap wilayah rawan banjir seperti di Desa Bobong, Desa Wayo, Desa Kilong, Desa Ratahaya dan sejumlah Desa lainnya di seluruh Kecamatan.

“Sejumlah Desa yang merupakan langganan banjir telah kami usulkan ke Pemerintah Pusat agar menjadi perhatian serius,” akunya. (AS)

Komentar