oleh

Cegah Corona, Pemdes Kusubibi Pantau Warga Pendatang

LABUHA – Upaya menekan penyebaran coronavirus (Covid-19), Pemerintah Desa Kusubibi, Kecamatan Bacan Barat, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) aktif memantau warga pendatang.

Kades Kusubibi, Muhammad Abd Fatah mengatakan, hal itu dilakukan untuk menjaga dan melindungi warga Kusubibi dari penularan Covid-19.

“Dalam rangka antisipasi penyebaran Covid-19, harus ada langkah-langkah terpantau dan sinergi dalam menjalankan tugas sebagai menjaga keselamatan bersama, jadi kita pantau terus setiap warga yang datang di Kusubibi,” katanya, Selasa (14/4/2020).

Ia menghimbau kepada warga agar menyiapkan tempat cuci tangan dan pekerja tambang yang berada di Kusubibi agar tidak berkeliaran di perkampungan.

“Diwajibkan kepada warga agar menyiapkan tempat cuci tangan, warga tidak bisa melakukan rapat yang mengundang banyak orang dengan alasan apapun, dan pemilik tromol maupun pekerja tromol agar tidak berkeliaran di perkampungan Desa Kusubibi,” imbuhnya.

Ia juga berharap agar warga jangan berinteraksi pada jumlah orang banyak atau jangan berada di tempat keramaian. “Terus berikhtiar dan memanjatkan doa semoga kita terhindar dari penularan COVID 19,” harapnya.

Petugas Puskesmas saat memeriksa warga yang baru datang di Desa Kusubibi

Sebelumnya, Sabtu (4/4/2020) pekan kemarin. Pemdes bersama petugas Puskesmas Indari sudah melakukan sosialisasi terkait pencegahan Covid-19, sekaligus membagikan masker dan menyediakan tempat cuci tangan di tempat umum.

Selain membagikan masker dan menyediakan tempat cuci tangan. Pemdes dan petugas Puskesmas juga melakukan penyemprotan disinfektan kepada warga yang baru datang.

Untuk diketahui, anggaran Dana Desa (DD) Kusubibi yang dialokasikan untuk pencegahan Covid-19 sebesar Rp 50 juta. (BR)

Komentar