oleh

Chuzaemah Djauhar: 8 Tower BTS USO dan 16 Titik Akses Internet Wifi Siap Dibangun

Kadis Kominfo Halbar, Chuzaemah Djauhar (Foto Istimewa)

JAILOLO – Upaya Bupati Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Danny Missy untuk memudahkan akses layanan informasi dan komunikasi bagi masyarakat khususnya masyarakat yang berada di wilayah yang jauh dari jangkauan signal Operator Seluler (Blank Spot) mendapat respon positif dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI.

Melalui Badan Aksebilitasi Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Kominfo RI, Kabupaten Halbar tahun 2019 ini mendapat bantuan 24 titik layanan telekomunikasi dan informatika yang terdiri dari 8 unit Tower Base Transceiver Station (BTS) Universal Service Obligation (USO) dan 16 titik layanan akses internet/Wifi.

“Tahun ini kita mendapat 8 unit Tower BTS USO dan 16 titik layanan akses internet/Wifi yang sesuai perencanaan 8 unit Tower BTS akan di tempatkan di Desa-desa yang masuk dalam kategori Blank Spot sementara 16 titik layanan akses Internet/wifi akan di tempatkan di kantor Kecamatan dan Puskesmas untuk memudahkan pelayanan masyarakat” ungkap Kadis Kominfo Halbar, Chuzaemah Djauhar kepada awak media, Minggu (14/7/2019).

Ilustrasi : Tower BTS USO dan Akses Internet Wifi

Chuzaemah menambahkan, usulan Bupati Danny Missy ke Kementerian Kominfo, saat ini Kementerian Kominfo melalui BAKTI melalui programnya terus berupaya memberikan pelayanan universal di bidang telekomunikasi dan informatika kepada publik demi mengurangi kesenjangan digital di daerah. Sebab, di daerah khususnya Daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal (3T) secara ekonomi sulit berkomunikasi melalui jaringan seluler dan penetrasi internet oleh penyelenggara telekomunikasi komersial.

“Diharapkan program layanan telekomunikasi dan informatika ini dapat membantu masyarakat dan kami berharap bantuan ini nantinya dapat memberikan manfaat bagi layanan informasi dan komunikasi masyarakat,” harapnya.

Untuk diketahui, bantuan yang di diperoleh Pemda Halbar di tahun 2019 ini merupakan bantuan tambahan dari yang telah di berikan Kementerian Kominfo pada tahun 2018 lalu, yakni 10 unit Tower BTS USO dan 2 unit titik layanan akses internet/Wifi.

Dinas Kominfo Halbar saat ini menunggu pengiriman barang yang sudah dikirim oleh Perusahaan yang nantinya akan membangun layanan tersebut, dimana untuk pembangunan Tower BTS USO di tangani langsung oleh PT. SEI Bandung sementara layanan akses internet/WIFI akan dibangun oleh PT. Matra Mandiri Prima. (Jojo)

Komentar