oleh

Cold Stroage di Pelabuhan Pendaratan Ikan Mulai Diaktifkan

JAILOLO – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Halmahera Barat (Halbar) mulai mengaktifkan Cold Stroage di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Desa Tuada Kecamatan Jailolo. Pengaktifan itu, langsung dilakukan pengiriman ikan jenis Layur dengan jumlah 15 ton berbentuk beku.

Pengiriman dilakukan menggunakan mobil berpendingin dari Provinsi Maluku Utara dengan tujuan pengiriman Jakarta.

“Sesuai dari dari Kadis DKP, Cold Stroage yang baru dibangun oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) tahun 2018 di Desa Tuada itu, saat ini sudah diaktifkan dan pada Kamis (14/3) lalu sudah ada pengiriman ikan Layur 15 ton,”ungkap Kepala Dinas Kominfo, Kehumasan Persandian dan Statistik Chuzaemah Djauhar yang dikonfirmasi, Jumat (15/3) kemarin.

Emma sapaan akrab Chuzaemah menambahkan, setelah Cold Stroage diaktifkan, target dari DKP tiap bulan ada pengiriman ikan ke Jakarta, sehingga nelayan bisa menyimpan hasil tanggapannya di Cold Stroage Tuada.

“Targetnya tiap bulan ada pengiriman ikan ke Jakarta,”katanya.

Mantan Sekwan DPRD itu mengaku, pengiriman ikan yang dilakukan kamis lalu itu, disertai dengan penyerahan surat keterangan asal ikan.

“Targetnya kedepannya harus full, sehingga pengiriman tiap bulan bisa mencapai 30 ton. Harapnya, ada ikan tuna bahkan ikan cakalang, ikan layang, ikan tongkol dan lainya, karena Cold Stroage di Tuada bisa menampung semua jenis ikan,”pungkasnya.(Bur)

Komentar