oleh

Cuaca Buruk, KPLP Halbar Terapkan Sistem Buka Tutup Aktifitas Pelabuhan Speedboat

Kondisi saat ini di pelabuhan Speedboat Halbar (Foto:Jojo/lintasmalut.co.id)

JAILOLO – Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) kembali menerapkan sistem buka tutup aktifitas pelabuhan Speedboat rute Jailolo-Ternate.

Sistem buka tutup yang saat ini diterapkan oleh pihak KPLP Halbar ini, karena mengingat kondisi cuaca laut Jailolo-Ternate terjadi gelombang tinggi sehingga pihak KPLP menerapkan sistem tersebut.

“Aktifitas speed rute Jailolo-Ternate dibatasi, sehingga aktifitasnya dimulai pukul 07.00 WIT, hingga pukul 11.00 WIT setelah itu speedboat tidak lagi diijinkan untuk berlayar, karena kondisi cuaca tidak stabil pada siang hari,”ungkap Plh KPLP Halbar, Amir Saraha saat dikonfirmasi diruangan kerjanya, Jum’at (2/8).

Amir menambahkan, sesuai informasi dari Badan Meteorologi Kimatologi dan Geofisika (BMKG), perkiraan cuaca buruk diprediksi hingga satu minggu ke depan, sehingga aktifitas Speedboat dari Halbar menuju Ternate dibatasi.

“Terkadang pihak speed nekad, karena ada yang carter, tapi kita tetap melakukan pemantauan untuk menjaga keselamatan pelayaran,”katanya.

Amir berharap agar bukan saja speedboat yang melintasi laut menuju ternate yang menghentikan aktifitasnya sementara, tapi para nelayan juga harus berhati-hati karena cuaca saat ini masih buruk.

“Kita selalu melakukan pemantauan dan stanbay dipelabuhan 12 jam, sehingga ketika terjadi laka laut, kami langsung bergerak melakukan pertolongan,” pungkasnya. (Jojo)

Komentar