oleh

Dalam Waktu Dekat, Inspektorat Audit kasus Korupsi DD Desa Palo

Inspektur Pembantu Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Inspektorat Halmahera Tengah, Fatun Gawi SE MM.

WEDA, Lintasmalut.net – Inspektur Pembantu Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Inspektorat Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) Maluku Utara (Malut), Fatun Gawi SE MM kepada sejumlah wartawan mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya melakukan audit Investigasi di Desa Palo, Kecamatan Patani Timur.

Hal ini dilakukan untuk memastikam jumlah penyimpangan yang dilakukan mantan Kepala Desa Palo, Benyamin Hi Kamari alias Memet atas pengelolaan Dana Desa (DD) tahap satu di 2016.

“Soal kasus mantan Kades Palo (Benyamin), tak lama lagi kami akan turun lapangan untuk melakukan audit Investigasi. Anggarannya sudah siap, sisa menunggu disposisi Bupati,” ungkap Fatur, Rabu (30/1/2019).

Sembari mengatakan, “Saya sudah buat telaah staf (Izin) dan sudah diserahkan ke Inspektur. Selanjutnya Inspektur menyerahkan ke Bupati untuk di disposisi. Hanya itu kendala kami saat ini,” katanya.

Sebelum mengaudit, Inspektorat sudah memastikan ada penyalahgunaan DD di Desa Palo. “Ketika kami mengundang pihak Polres untuk melakukan ekspos saat rapat, kami menduga ada penyimpangan DD di Desa Palo tahun 2016. Dugaan besar ada penyimpangan,” akunya.

Inspektorat juga memastikan, 2019 ini, hasil audit atas penyalahgunaan DD 2016 yang diduga dilakukan mantan Kades Palo, Benyamin, segera dilimpahkan ke Polres Halteng untuk ditindaklanjuti sebagimana mestinya. (Wan)

Komentar