oleh

DD 2019 di Pultab Belum Cair, Ada Apa ?

Kepala DPMD Kabupaten Pultab Muhlis Soamole (foto/ist/Yanto)

BOBONG – Memasuki triwulan pertama tahun 2019 realisasi pencairan Dana Desa (DD) belum juga di salurkan ke rekening desa .Pasalnya, sampai saat ini pihak desa belum juga memasukan dokumen Anggaran Pendapatan,dan Belanja Desa ( APBDes ).

“Percepatan pencairan Dana Desa tergantung cepat- lambatnya memasukan berkas APBDes,” kata  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pulau Taliabu ,Muhclis Soamole kepada Lintasmalut.net minggu  (3/3/2019).

“Jika para Kades cepat memasukan dokumen  APBDes tahun 2019. Maka pihaknya lansung mengusulkan  pencairan DD  tersebut,” katanya lagi.

Menurut Muhclis ,saat ini sistem pencairan DD  sudah tidak seperti sebelumnya yakni  pencairan dilakukan secara kolektif .Namun, sekarang pencairan dapat dilakukan oleh Desa yang sudah mengajukan dokumen APBDes. Tujuannya adalah, untuk mendorong Desa agar cepat menjalankan seluruh program yang telah tertuang dalam dokumen tersebut.

“Jika ada Kades  yang telah memasukan APBDesnya  maka  dapat melakukan pencairan, sebab penyaluran DD  dari pemerintah pusat melalui KPPN sudah tersalur ke-kas Daerah,” jelasnya.

Pada tahun 2019 ini, terjadi kenaikan DD sehingga pihak Desa yang mengelola dana tersebut diharapkan dapat menjalankan program sesuai yang telah tertuang dalam dokumen APBDes tersebut.

“Terjadi peningkatan anggaran dari sebelumnya, sehingga kami berharap anggaran DD itu  dapat dilaksanakan dengan baik oleh seluruh Kades di Pulau Taliabu demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan Desa,” harapnya.(As/red)

Komentar