oleh

Diduga Lakukan Pungli, DPMD Pultab Diminta Copot Kades Nggele

 

BOBONG, LM  – Puluhan masyarakat Desa Nggele, Kecamatan Taliabu Barat Laut, Kabupaten Pulau Taliabu- Maluku Utara  menggelar aksi damai  di depan Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( DPMD ) Kabupaten Pulau Taliabu, senin ( 10/09/2018) belum lama ini.

Massa yang menamakan Aliansi Masyarakat Desa Nggele Bersatu ( AMDNB ) ini  meminta  Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Taliabu khususnya DPMD  mencopot  jabatan Kepala Desa Nggele, karena diduga telah melakukan pungutan liar ( pungli) saat pendaftaran tanah sistematis lengkap dalam program nasional (PRONA) tahun 2018.

“Dinas DPMD harus  segera mencopot kepala desa nggele dari jabatannya  karena, diduga ia telah melakukan pungutan liar terhadap masyarakat, ” teriak  Kordinator  Aksi, Sudarlin Untung dalam orasinya.

Bukan itu saja , Kepala Desa Nggele,Ajis   juga dinilai telah mengdiskriminasi hak-hak masyarakat ,seperti ; keputusan yang diambil tanpa musyawarah, tidak transparan terhadap program kerja maupun penerimaan anggaran.

“Kepala Desa Nggele, Ajis  telah melakukan pelanggaran dan tidak mematuhi UU NO 6 tahun 2014 tentang desa. Seperti ; 1. melakukan tindakan diskriminasi terhadap masyarakat, 2. Kepala desa nggele sering membuat keputusan sepihak yang meresahkan sekelompok masyarakat, dan 3. Tidak transparansi mengenai realisasi APBDes  tahun 2017 – 2018,” bebernya.

Massa Aksi juga mendesak agar pihak DPMD Kabupaten Pulau Taliabu segera menurunkan karateker untuk menggantikan kepala Desa Nggele yang saat ini dijabat oleh Ajis .

( her/red)

Komentar