oleh

Diduga “Telan” APBD, DPRD Diminta Panggil Pengawas PDAM Halsel

HALSEL – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Halmahera Selatan mulai menyoroti Dewan Pengawasan Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Bacan.

Ketua Bappilu DPC PDI-P Halsel, La Jamra Hi. Zakaria mengatakan, PDAM ini tugasnya melayani masyarakat agar air berjalan normal. Namun, Bupati Halsel Bahrain Kasuba membentuk sekaligus melantik Dewan Pengawas PDAM Bacan pada tahun lalu diduga hanya menghabiskan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Halsel Milyaran Rupiah.

Lucunya lagi, mereka yang ditempatkan sebagai dewan pengawas PDAM oleh Bupati Bahrain Kasuba ini hanya satu yang sedikit paham karena dia mantan kepala PDAM masa periode Bupati sebelumnya yakni, Yusuf Taudin. Sementara Muslik A Riyanto mantan Ketua Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sekertaris Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Adi H Adam.

“Jadi, kira-kira dewan pengawas ini kerja apa pasca dilantik oleh Bupati, apa saja terobosan yang sudah dilakukan, jangan sampai tidak tau apa tupoksi mereka dan hanya terima gaji dan operasional tiap bulan yang itu dianggarkan dari APBD,” katanya, Kamis (6/8/2020).

Jamra juga meminta kedapa DPRD Halsel agar segera mempertanyakan kinerja dewan pengawas PDAM. “Saya minta kepada DPRD Halsel agar bisa mempertanyakan soal tupoksi dewan pengawas PDAM, kalau tidak penting dan hanya membebani APBD Halsel harus dievaluasi dan jika dianggap perlu bubarkan saja lembaga pengawas PDAM itu,” tukasnya.

Terpisah, salah satu pegawai PDAM Bacan enggan mau menyebutkan namanya ketika dikonfirmasi mengatakan, selama di lantik, pengawas PDAM tidak pernah berkantor. Padahal, di kantor PDAM Bacan sudah disiapkan ruangan khsusus pengawas.

“Selama ini Pengawas PDAM tidak pernah berkantor meskipun sudah di siapkan ruangan untuk berkantor, pengawas datang hanya pada saat terima gaji saja,” bebernya.

“Jika PDAM mengalami masalah seperti banjir, penambahan langganan pengawas PDAM tidak pernah duduk bersama untuk mencarikan solusi demi kenyamanan masyarakat Halsel guna mengkonsumsi Air PDAM,” tambahnya. (Bar)

Komentar