oleh

Diharapkan, Komppak Seho Jadi Pejuang Pelestarian Laut Pulau Taliabu

TALIABU, Lintasmalut.net – Dalam rangka melaksanakan program pemerintah pusat terkait dengan upaya perlindungan dan pelestarian ekosistem pesisir, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pulau Taliabu dan beberapa desa pesisir yang merupakan sentral perikanan mendorong pemantapan kelembagaan masyarakat pengawasan serta penggerak konservasi.

Maksudnya, agar potensi ekosistem pesisir dan keanekaragaman sumberdaya ikan yang ada di wilayah Kabupaten Pulau Taliabu tetap terjaga kelestariannya. Sehingga, dapat dikelola dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan Pulau Taliabu.

“Ada kelompok yang telah dikukuhan yaitu Kelompok Masyarakat Pengawasan dan Penggerak Konservasi (KOMPPAK SEHO),” kata Kepala Dinas KP Kabupaten Pulau Taliabu,Abrar Sillia kepada Samata Post, belum lama ini.

Diharapkan, kelompok tersebut menjadi pejuang laut dan terus melakukan pengawasan terhadap aktivitas penangkapan ikan yang menggunakan alat destruktif serta melaksanakan gerakan aksi pemulihan ekosistem pesisir laut di wilayah Kabupaten Pulau Taliabu secara umum.

“Dengan kehadiran Komppak Seho, besar harapan kami kiranya dapat memulihkan ekosistem laut di Pulau Taliabu, ” harapnya.

Diketahui, untuk mendukung target perluasan kawasan konservasi perairan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Maka, Dinas Kelautan dan Perikanan Pulau Taliabu juga berharap agar Pemerintah Provinsi Maluku Utara dapat menjadikan Kabupaten Pulau Taliabu sebagai kawasan pencadangan konservasi perairan.

“Karena selain didukung dengan banyak gugusan pulau-pulau kecil, sebaran ekosistem, mangrove dan terumbu karang cukup besar, juga memiliki beberapa spesies yang dilindungi, ” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Wayo, Kecamatan Taliabu Barat, Sofyan Hasan menegaskan bahwa Komppak Seho segera melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat nelayan di Kabupaten Pulau Taliabu. Agar, tujuan dari berdirinya kelompok tersebut dapat tercapai, yakni : memulihkan ekosistem dan biota laut di pesisir Pulau Taliabu.

“Segeralah mengsosialisasi program kerja Komppak Seho agar tujuannya tercapai, serta KOMPPAK SEHO dapat menjadi contoh yang baik dan terus mendorong semangat membumikan kegiatan perlindungan dan pelestarian laut kepada seluruh masyarakat pesisir, ” tegas Kades. (red)

Komentar