oleh

Dikbud Halbar Gelar Pelatihan Penyusunan Dokumen Kurikulum 2013

Suasana Kegiatan Pelatihan Penyusunan Dokumen Kurikulum 2013 (Foto:Jojo/lintasmalut.co.id)

HALBAR – Untuk menyeragamkan sistem kurikulum pendidikan di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) melaksanakan pelatihan penyusunan dokumen kurikulum 2013. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang Aula Dinas Perindagkop Halbar, Kamis (13/6/2019) dihadiri oleh 50 Kepala Sekolah (Kepsek) SD dan SMP se-Halbar.

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Dikdas. Agus Hanif mengatakan, kegiatan pelatihan penyusunan dokumen kurikulum 2013 dibuat karena hingga saat ini banyak sekolah belum seragam dalam menerapkan kurikulum 2013 sehingga Dikbud berinisiatif untuk menggelar pelatihan.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk menyeragamkan sistem sekolah SD dan SMP, karena selama ini dokumen kurikulum berbeda dalam sistem pendidikan di Halbar,”katanya.

Agus menuturkan, saat ini banyak juga sekolah belum memiliki Kurikulum Tingkat Satu Pendidikan (KTSP), padahal KTSP merupakan arah atau kiblat sekolah dalam proses pembelajaran atau program yang nantinya dijalankan oleh sekolah.

“Banyak sekolah tidak punya KTSP, makanya dikbud ambil langkah melakukan kegiatan ini. KTSP itu rohnya sekolah, jadi kalau tidak ada KTSP maka sekolah juga tidak tahu mau berbuat apa,”ujarnya.

Menurut Agus, untuk mendorong semua sekolah baik SD dan SMP memiliki KTSP, Dikbud berupaya melakukan pelatihan kurikulum sehingga semua kurikulum di Halbar bisa diseragamkan.

“Kedepan kita akan lakukan pelatihan di masing – masing kecamatan sehingga kurikulum 2013 bisa diseragamkan disemua sekolah,”pungkasnya. (Jojo)

Komentar