oleh

Dinkes Taliabu Gelar Workshop Standar Pemahaman Akreditasi Puskesmas

TALIABU -, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, gelar workshop standar pemahaman akreditasi dan tata kelola mutu, Minggu (03/10/2021).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara dr. Rosita Alkatiri mengatakan workshop dilakukan berdasarkan alokasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Workshop itu diundang dari 4 Puskesmas terakreditasi dan akreditasi pertama di tahun 2021 dan sebanyak 20 peserta tenaga medis yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Workshop itu dilakukan selama dua hari, Puskesmas yang sudah diakreditasi dan akan melanjutkan re-akreditasi pada kesempatan berikutnya yakni Puskesmas Bobong dan Puskesmas Lede, sementara Puskesmas yang baru akreditasi perdana yaitu Puskesmas Pencado dan Puskesmas Tabona,” kata Rosita selaku narasumber di Workshop itu.

Rosita mengemukakan, ada beberapa tahapan akreditasi Puskesmas, satu di antaranya adalah memiliki tenaga dokter yang tertuang dalam Permenkes 43 tahun 2019, minimal Puskesmas memiliki 2 tenaga dokter.

“Ada pun langkah-langkah akreditasi Puskesmas yang pertama adalah tenaga dokter, di Taliabu termasuk banyak Puskesmas yang belum memiliki tenaga dokter sementara persyaratannya satu Puskesmas itu akan diakreditasi jika sudah memiliki tenaga dokter, dokter umum dan dokter gigi,” ungkapnya.

“Jadi sarana prasarana juga termasuk penilaian di akreditasi ini, yang jelas ujung-ujungnya mampu memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu kepada masyarakat di Taliabu,” pungkasnya. (hara)

Komentar