oleh

Dirreskrimum Polda Malut Naik Pangkat dari AKBP ke Kombes Pol

TERNATE – Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Malut, Dwi Hindarwana resmi naik pangkat dari Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) menjadi Komisaris Besar (Kombes) Polisi.

Upacara kenaikan pangkat ratusan personel dan ASN Polda Malut tersebut di pimpin langsung Kapolda Malut Brigjen Pol Soeroto di halaman Polda, Selasa (31/12) lalu.

Komisaris Besar Polisi adalah tingkat ketiga perwira menengah di Kepolisian Republik Indonesia. Sebelum tahun 2001, pangkat ini disebut Kolonel, sama dengan pangkat yang setara di militer. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga bunga sudut lima. Sering digunakan penyebutan Kombes untuk pangkat ini.

Dirreskrimum Polda Malut Kombes Pol Dwi Hindarwana merasa bersyukur kepada yang maha kuasa dan pimpinan tinggi Polri dengan adanya kenaikan pangkat ini, tentunya termotivasi harus bekerja lebih baik dari pangkat yang terdahulu.

“Saya juga akan tekankan ke reskrim jajaran terutama penyidik harus lebih baik, yang mana penyidik Reskrim Polda Malut harus lebih baik dari penyidik Polres begitu juga dari penyidik Polres ke penyidik Polsek,” katanya saat ditemui awak media, Rabu (02/20).

Menurutnya, kenaikan pangkat ini sama dengan kenaikan kelas di sekolah. Misalnya, dari kelas 6 SD harus lebih pintar dari kelas 5 SD apapun alasannya.

“Dengan adanya penghargaan naik pangkat ini, kinerja saya harus lebih baik dari pangkat AKBP. Sebab, ini merupakan tanggungjawab moral secara pribadi dan terlebihnya institusi Polri,” pungkasnya. (Alan)

Komentar