oleh

Dispar Kepsul Bakal Gelar Festival Gabalil Hai Sua

Ketua Panitia Festival Gabalil Hai Sua Idham Buamona (Foto/Rahman/lintasmalut.co.id)

SANANA – Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Provinsi Maluku Utara (Malut) dalam waktu dekat akan menyelenggarakan Festival Gabalil Hai Sua (kelilingtanahsula) ungkap Ketua Panitia Idham Buamona saat ditemui di Sekretariat Panitia di Benteng Sanana Desa Mangon, Kecamatan Sanana, Sinin (29/7/2019).

“Kegiatan Gabalil Hai Sua yang akan di gelar pada 14 Agustus mendatang ini. Bertujuan untuk mengangkat kembali budaya dan mempromosikan potensi wisata alam yang ada di Kabupaten Kepulauan Sula, karena di Kepulauan Sula juga memiliki keragaman budaya diantaranya obyek wisata, obyek budaya dan obyek sejarah,”jelas Idham.

Mantan Ketua umum pertama HMI Cabang Sanana ini, juga mengatakan, Dinas Pariwisata Kepsul akan berkunjung ke Kesultanan Ternate guna menggali informasi untuk melengkapi referensi nudaya Sula dan rencananya akan di bukukan untuk dimasukkan dalam kurikulum lokal di sekolah sekolah di Kepulauan Sula.

“Karna sejarah dan budaya Kabupaten Kepulauan Sula itu belum ada yang di bukukuan untuk itu kami usahakan agar budaya Sula dan adat Sula bisa terbentuk dalam sebuah Buku agar nantinya siapa yang ingin tahu tentang budaya dan adat Sula itu bisa lansung membaca buku-buku yang sudah menceritakan tentang budaya dan adat dari Sula,” tutup Idham. (Mr.f)

Komentar