oleh

DPRD Pultab Evaluasi Kinerja Dinkes dan Badan Keuangan Terkait Pelayanan RSUD

-KESEHATAN-111 views

BOBONG – Komisi I DPRD Kabupaten Pulau Taliabu melakukan evaluasi kinerja terhadap pelayanan Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Alhasilnya, ditemukan sedikitnya dua (2) orang pasien yang seharusnya mendapat rujukan ke RSU di luar Pulau Taliabu namun sampai saat ini belum juga dilakukan karena alasan terkendala anggaran.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pulau Taliabu, Sukardinan Budaya mengatakan, ada beberapa masalah tentang peforma pelayanan kesehatan di RSUD Bobong, yaitu ; kurangnya tenaga medis berupa dokter dan sarana pendukung seperti alat kesehatan, serta ketersediaan anggaran untuk operasional RSU.

‚ÄúSementara itu, pihak RSUD menyampaikan bahwa 2 orang pasien ini belum bisa dirujuk, sebab mereka terkendala di keuangan, ” ungkap politisi PKB ini kepada wartawan, Rabu (11/03/2020).

Terkait temuan Komisi I, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu melalui Kepala Sub Bagian (Kasubag) Keuangan membenarkan, bahwa kurangnya pelayanan di RSU karena terkendala keuangan.

“Bagaimana pelayanan Dinkes berjalan efektif dan efesin. sementara pencairan anggaran belum ada. kalau anggaran sudah ada dan status RSUD Bobong sudah seharusnya ditingkatkan tipenya, sehingga dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, ” jelas Kasubag Keuangan Dinkes Pultab, Widia Gandi.

Sementara itu, Komisi II DPRD Kabupaten Pulau Taliabu melakukan evaluasi kinerja terhadap Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah terkait keluhan sejumlah pegawai yang diketahui sampai saat ini belum menerima gaji.

” Saya menanyakan salah satu staf di keuangan bahwa gaji kalian belum di bayar dari bulan berapa?, Dia (pegawai) sampaikan dari bulan delapan (Agustus 2019). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Kaban Keuangan keluar Daerah bawa serta kantor dan sengaja membiarkan penderitaan masal di Kabupaten Pulau Taliabu,” tutur Muhammad Alnajib Sarihi. (SB)

Komentar