oleh

DPRD Taliabu Gelar Rapat Pengusulan Pemberhentian Bupati dan Wabup, Aliong-Ramli

BOBONG, LM  – DPRD Kabupaten Pulau Taliabu menggelar rapat Paripurna dengan agenda Pengusulan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Pulau Taliabu masa jabatan 2016 – 2021, di gedung Paripurna DPRD, Selasa (9/2/2021) tadi malam.

Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua 1 DPRD Pultab, Moh. Taufik Toyib Koten itu tak dihadiri Bupati maupun Wabup, H. Aliong Mus-Ramli.

Sambutan pimpinan DPRD yang dibacakan Wakil Ketua 1 menyampaikan bahwa pelaksanaan paripurna pengusulan pemberhentian bupati dan wakil bupati ini termuat sebagaimana Pasal 154 ayat (1) huruf e, Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, bahwa DPRD Kabupaten/Kota mempunyai tugas dan wewenang mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Bupati/Walikota, kepada Menteri melalui Gubemur sebagai Wakil Pemerintah Pusat, untuk mendapatkan pengesahan pengangkatan dan pemberhentian.

Kemudian sesuai ketentuan Pasal 78 ayat (2) huruf a, Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 dijelaskan bahwa Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah diberhentikan salah satunya dikarenakan berakhirnya masa jabatan dan selanjutnya pada Pasal 79 ayat ( 1), bahwa Pemberhentian Bupati dan atau Wakil Bupati atau Walikota dan atau Wakil Walikota karena berakhirnya masa jabatan, harus diumumkan oleh Pimpinan DPRD dalam sidang paripurna dan diusulkan oleh Pimpinan DPRD kepada Menteri melalui Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat untuk mendapatkan penetapan pemberhentian.

Selain itu hal ini juga sesuai Berita Acara Pengucapan Sumpah Bupati dan Wakil Bupati Pulau Taliabu Masa Jabatan 2016-2021 akan berakhir pada Tanggal 17 Februari 2021.

Lanjut taufik bahwa dengan berpedoman pada ketentuan tersebut, maka atas Nama DPRD Kabupaten Pulau Taliabu mengumumkan usul Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Pulau Taliabu Masa Bhakti 2016-2021 Bapak H. ALIONG MUS dan Bapak RAMLI yang akan berakhir masa jabatanya pada Tanggal 17 Februari 2021.

“Untuk selanjutnya akan kami sampaikan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubenur Maluku Utara sebagai Wakil pemerintah pusat untuk mendapatkan penetapan pemberhentian,” kata Taufik.

Atas nama pimpinan dan anggota DPRD serta masyarakat Pulau Taliabu katanya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bapak H. Aliong Mus dan Bapak Ramli atas dedikasi, pengabdian, sumbangsih dan kerjasamanya selama mengemban amanah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pulau Taliabu.

Sebagai Bupati dan Wakil Bupati pertama yang terpilih pada Periode 2016-2021 sejak Kabupaten Pulau Taliabu dimekarkan, kemajuan dan keberhasilan daerah telah dapat dicapai dengan baik, seperti tingkat pertumbuhan ekonomi, pembangunan SDM, penurunan angka pengangguran, pembangunan infrastruktur serta peningkatan pelayanan publik.

“Sekali lagi kami sampaikan terimah kasih semoga pengabdiannya menjadi amal bhakti yang diterima sebagai ibadah oleh Allah SWT,” tambahnya.

 

Komentar