oleh

DPW Berkarya Berikan Rekom Sementara ke Hadijah Tukuboya

-POLITIK-141 views

TERNATE – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Berkarya Malut berikan rekomendasi sementara kepada Hadijah Tukuboya untuk bakal Calon Bupati (Cabup) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul).

Rekomendasi tersebut berdasarkan hasil rapat pleno penjaringan dan penyaringan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kepsul priode 2020-2025 oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Sula dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Malut kepada Hadijah Tukuboya dengan nomor: 036/B/DPW/Berkarya/MU/1/2020.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW Partai Berkarya Malut, Taskin Dano Salim mengatakan, ada tujuh bakal calon yang mendaftar di Partai Berkarya dan dari hasil seleksi rekomendasi tersebut di berikan kepada Hadijah Tukuboya.

“Dari tujuh bakal calon yang mendaftar di DPD Kepsul itu kemudian kita di DPW menyeleksi lagi sehingga keluar beberapa calon salah satunya adalah Hadijah Tukuboya,” katanya kepada lintasmalut.co.id, di sekertariat DPW Partai Berkarya di Ternate, Sabtu (11/1/2020).

Taskin menyebut, pihaknya memberikan rekomendasi kepada Hadijah Tukuboya karena memahami benar bahwa ini adalah syarat untuk mengusung bakal calon. Menurutnya, sekalipun ini partai baru namun sangat selektif dalam mengusung beberapa bakal calon.

“Kita mengeluarkan rekomendasi kepada salah satu Cabup di Sula tentunya rekomendasi ini karena kita juga memahami benar dan tahu bahwa kita disana belum memenuhi syarat untuk mengusung bakal calon ini. Oleh karena itu, harapan kita jika rekomendasi kita berikan kepada kepada Cabup Ibu Hadijah Tukuboya ini skalipun partai baru tentunya kita sangat selektif dalam mengusung beberapa calon,” ungkapnya.

Taksin berharap, setelah rekomendasi ini di berikan agar secepatnya berkoordinasi dan berkomunikasi dengan partai-partai lain sehingga syarat-syarat untuk bakal calon bisa terpenuhi, dan Partai Berkarya juga tentu bakal memenangkan pertarungan Pilkada nanti.

“Setelah rekomendasi ini di berikan kepada Hadijah Tukuboya kita berharap bisa secepat mungkin berkoordinasi, berkomunikasi dengan partai-partai lain sehingga bisa memenuhi syarat-syarat yang dimaksud dan kita mengusung ini tentunya partai ini juga akan memenangkan pertarungan,” harapnya.

Sementara itu, bakal Cabup Hadijah Tukuboya mengatakan, setelah rekomendasi ini di berikan, dirinya optimis bakal tingkatkan komunikasi dengan partai-partai lain diantaranya, Paratai PAN, Gerindra, PPP, PBB, Perindo dan PDI-P untuk mendapatkan rekomendasi.

“Setelah ini kami akan terus tingkatkan komunikasi dengan partai-partai kalau yang sudah ada Insya Allah mungkin Partai PPP kemudian PAN juga kami komunikasi intens kemudian Partai Perindo, Partai PBB, Partai Gerindra dan Partai PDI-P juga.,” ujarnya.

Cabup Sula Hadijah Tukuboya saat tandatangani rekomendasi

Hadijah berharap agar partai-partai yang nantinya di komunikasikan bisa memberikan rekomendasi sehingga bisa memenuhi persyaratan yang di isyaratkan Undang-undang.

“Kami berharap Partai Perindo dan PDI-P juga bisa memberikan rekomendasi kepada kami untuk bertarung di Sula dan tidak menutup kemungkin dengan partai-partai lain karena saya kira ruangnya masi luas kita bisa melakukan komunikasi-komunikasi politik, ” harapnya.

“Kedepan siapapun di amanahkan yang di berikan rekomendasi kepada kandidat yang nanti bertarung di Sula tentunya kita bertarung dengan penuh rasa kekeluargaan karena kita adalah satu saya pikir kita sama-sama bagaimana untuk bisa melakukan kemajuan di Sula,” tambahnya.

Terpisah, Ketua DPD Partai Berkarya Sula Senen Naipon menuturkan, sebelumnya ada tujuh orang bakal calon yang mendaftar di DPD Partai Berkarya Sula. Setelah nama-nama bakal calon di bawa ke Ternate dan DPD bersama DPW memplenokan nama-nama yang bersangkutan kemudian memutuskan empat orang yakni Hadijah Tukuboya, Kompol Irham Sahlan, Julfahri Abdullah dan Ismail Karim.

“Mereka berempat yang menurut DPW layak dan pasti untuk di berikan rekomendasi sementara untuk di bawa ke DPP. Alhamdulillah, saat ini sudah dua orang yang di berikan rekomendasi yakni Hadijah Tukuboya dan Kompol Irham Sahlan yang sudah memiliki rekomendasi.

Sementara dua orang lainya. Kata Senen. kalau memang ada komunikasi dan memiliki kesiapan untuk menerima rekomendasi tersebut maka akan di berikan rekomendasi menyusul.

“Kalau untuk Inkamben atas pertimbangan dan pleno bersama antara DPD Sula dan DPW Malut maka Inkamben juga tidak masuk dalam pemberian rekomendasi dari Partai Berkarya,” ujarnya.

Dikatakan, pleno dari DPD dan DPW hasilnya dikeluarkan rekomendasi kemudian di ajukan ke DPP untuk mengeluarkan Surat Keputusan (SK), tetapi kalau memang DPP juga akan memperimbangkan segala saran dari DPD itu sangat penting sekali karena DPD sangat berhargai kerja-kerja politik maupun kerja-kerja partai di tingkat daerah.

“Nama-nama yang sudah ada rekomendasi akan di bawa ke DPP di tanggal 15 paling terlambat tanggal 17 Januari 2020 itu nama-nama semua sudah di bawa ke DPP,” ucapnya.

Dia berharap, semoga rekomendasi yang di berikan kepada bakal calon mudah-mudahan itu dapat bermanfaat di DPP.

“DPD sangat mengharapkan sekali apa yang telah di sampaikan oleh ketua umum dalam hal ini pimpinan partai di tingkat pusat bahwa semua keputusan dan usulan di serahkan kepada DPD yang bersangkutan untuk sekaligus menunjukan bahwa calon yang pas menurut pilihan partai yang bersangkutan di terima di daerah maka kemungkin besar itu Hadijah Tukuboya yang Insya Allah memiliki rekomendasi dari DPP,” pungkasnya. (Alan)

Komentar