oleh

Drama Adu Penalti, Italia Juara Euro 2020

LINTAS MALUT – Italia mematahkan harapan publik Inggris untuk menuntaskan dahaga 55 tahun tanpa gelar juara turnamen besar.

Inggris mengawali laga dengan sempurna. Skuad arahan Gareth Southgate unggul sejak menit kedua lewat gol Luke Shaw.

Berawal dari skema serangan balik, full-back Manchester United itu memaksimalkan umpan silang lezat Kieran Trippier dengan sepakan voli.

Torehan pertama Shaw bersama timnas Inggris tersebut sekaligus memecahkan rekor gol tercepat sepanjang sejarah final Euro.

Skor 1-0 untuk keunggulan Inggris bertahan hingga jeda.

Pada babak kedua, Italia tampil lebih ngotot. Masuknya Bryan Cristante dan Domenico Berardi membuat variasi serangan tim asuhan Roberto Mancini lebih bervariasi.

Alhasi, Italia mampu memaksakan hasil imbang pada menit ke-67 melalui Leonardo Bonucci. Berawal dari sepak pojok Berardi, kemelut terjadi di depan gawang Jordan Pickford sebelum skor menjadi sama.

Pada menit ke-86, laga sempat dihentikan wasit Bjorn Kuipers setelah salah satu oknum suporter menyusup masuk lapangan.

Skor imbang 1-1 menutup 90 menit pertandingan yang berlanjut pada babak tambahan. Kedudukan tidak berubah hingga 120 menit dan pemenang harus ditentukan lewat adu penalti.

Italia memenangkan adu tos-tosan dengan skor 3-2. Tiga penendang Inggris gagal, yakni Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka. Sementara dua eksekusi pemain Italia ditepis Jordan Pickford yakni Andrea Belotti dan Jorginho.

Sumber : Goal.com

 

Komentar