oleh

Dukcapil Terima Akta Kelahiran Anak, dan Bakal Cetak KIA Lewat Online

SANANA, Lintasmalut.net – Pelayanan Akta Kelahiran anak yang sudah di serahkan oleh sekretaris Menteri (SEKMEN) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Dr Pribudiarta Nur, kepada Pemerintah Daerah, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) sebanyak 39.350, ribu Balangko Akta Kelahiran, melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) semntara Secaperesentasi, anak yang sudah memiliki akta kelahiran sebanyak 93,6%.

Kepala Dinas Dukcapil Kepsul, Namri alwi selasa(11/12/2018) memgatakan “kami sudah sempat sosialisasi ke LSU bahkan kami pasang ekspioner jadi kalo anak yang lahir segera lapor kepada kami, agar tindak lanjuti untuk buat akta kelahiran, saratnya yang penting ada namanya dan membawa kartu keluarga (KK), buku nikah orang tua sekaligus keterangan dokter, kami akan segera membuat akta kelahirannya,” tutur Namri Alwi.

Selain Akta Kelahiran, kata Namri alwi” Pemkab Kepsul juga tadi akan mencetak Kartu Identitas Anak (KIA) yang pertama kali di Kepsul.

“kami mancetak kartu identitas anak (KIA), atau souflauncing walaupun belum launcing secara resmi, kami manfaatkan kunjungan dati Kementerian PPPA sehingga sekaligus produksi cetak pertama, KIA yang berhak dicetak mulai dibawah umur 5 tahun sehingga tidak di perlu pakai fotonya, kalo anak yang di atas 5 sampai 16 tahun baru di sertai dengan foto.”jelas Namri Alwi.

Berdasarkan contoh yang dselain itu, akta kelahiran anak untuk di Kepselkan melakukan cetakan, secara online setelah ini pada awal 2019 kami launcing secara resmi kartu Identitas anak (KIA) dan kami akan membuka posko pelayanan di tempat yang memiliki jaringan forjinya kuat untuk diakses.

Dikatakanya, untuk balangko KIIA kami udah siapkan di stok, persiapan untuk pembuatan kartu identitas anak (KIA)
“kami sudah kantongi anak sebanyak 40,000 sekian, yang sudah cetak 39,000. jadi untuk peresentasinya sudah tinggi ini meeupakan kalj pertama pembuatan kartu identitas anak (KIA) bukan cuman di Sula, tapi di Maluku Utara yang pertama adalah Halmahera Selatan (Halsel) dan yang kedua Kabupaten Kepulauan Sula (kepsul)”tutup Namri (mr.f)

Komentar