oleh

Empat Tahun Hasilkan Enam Perda

SANANA, LM  – Kinerja anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) selama 4 tahun masa periode mereka tidak “segarang” rekan mereka di  daerah lain. Selama itu mereka hanya menelurkan 6 perda, jauh dari target 81 Program Legislasi Daerah (Prolegda). Meski begitu 25 anggota. Meskipun kinerja mereka parah, namun 25 anggota DPRD tersebut ngotot nyaleg pada pileg 2018 mendatang.

Enam perda yang dihasilkan tersebut yakni tahun 2016  terdapat 4 perda,  yaitu  perda perubahan kedua atas Perda Nomor 1 tahun 2008 tentang Organisasi Sekretariat DPRD Kabupaten Kepsul, tentang perubahan keempat atas Perda Nomor 4 tahun 2008 tentang Organisasi Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Kepsul, perubahan Keempat atas Perda Nomor 2 tahun 2008 tentang Organisasi Dinas Dinas Daerah Kabupaten Kepsul. Kemudian untuk 2017 hanya satu  perda yakni Perda Bangunan Gedung yang diusul Dinas PUPR.

Untuk 2018 Hingga November ini juga baru hanya perda,  perda yakni Perda Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Di tahun 2015,  ada 23 ranperda yang masuk dalam prolegda namun tidak ada satupun yang disahkan. Sebagian ranperda yang masuk dalam prolegda merupakan ranperda bawaan dari tahun ke tahun yang tidak pernah dibahas,  seperti Raperda Pengendalian Hama dan Ranperda Pembentukan Desa. Dua ranperda inisiatif DPRD tersebut selalu masuk dalam prolegda setiap tahun sejak 2015. Ada beberapa ranperda yang juga hilang dengan sendirinya tanpa dibahas,  seperti Ranperda Pemeliharaan Kesenian Daerah yang didalamnya terkait lagu-lagu daerah, pemeliharaan bahasa dan sastra daerah didalamnya tentang budaya lokal.

Kemudian  Ranperda Pencegahan dan Penyelesaian Konflik antar Masyarakat serta Ranperda Larangan Penambang Pasir Kerikil dan Batu di Kawasan Sungai,  Pesisir dan Pegunungan atau Bukit.

Sekretaris DPRD Kepsul Lily Hirawati Tomaidi saat dikonfirmasi menjelaskan, dirinya tidak tahu terkait jumlah prolegda tahun sebelumnya kenapa tidak dibahas dan disahkan.

”Karena saya baru menjabat sebagai sekwan beberapa bulan lalu, ” kata Lily.

Menurutnya, sebagian besar agenda DPRD di masa kepemimpinannya dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan.

”Semua kegiatan DPRD di masa saya sudah terjadwal semuanya dilaksanakan,” klaimnya.

Daftar Ranperda yang Masuk ke DPRD Kepsul 2015 – 2018

Tahun            Inisiatif DPRD          Pemkab               Keterangan

2015                    
23 Ranperda             5                       18                      0 Selesai

2016
20 Ranperda             10                      10                      4 Selesai

2017
21 Ranperda             10      `               11                        1 Selesai

2018
17 Ranperda             9                       8                          1 Selesai

 

 

Sumber : Malut Post

 

Komentar