oleh

Empat Warga Jawa Barat Pulang Paksa Tanpa Hasil Swab

HALSEL – Sebanyak empat warga asal Jawa Barat pulang paksa tanpa ada hasil tes swab.

Informasi yang dihimpun, keempat warga itu sebelumnya menjalani Karantina di Rumah Susun (Rusunawa) Desa Tuwokona, Kecamatan Bacan Selatan pekan lalu.

Salah satu dokter yang enggan mau dipublish namanya ketika dikonfirmasi mengatakan, mereka yang paksa pulang itu memaksakan diri untuk keluar dari Rusunawa, namun tidak di izinkan oleh pihak medis karena yang memiliki kewenangan untuk memulangkan pasien menjadi tanggungjawab Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas.

“Kita tidak memulangkan pasien, karena yang berkewenangan itu tim Gustu,” katanya ketika dikonfirmasi, Senin (20/7/2020).

Sementara Sekertaris Tim Gustu Covid-19 Halsel, Daud Djubedi menyebut, itu adalah kesalahan fatal, karena virus  tidak bisa di deteksi terkecuali dari hasil laboratorium atau Swab. “Ini soal virus dan tidak ada yang bisa memberikan jaminan,” tandasnya.

Mantan Kabag Humas Setda Halsel ini menambahkan, Dirinya sudah menyampaikan ke petugas medis di Rusunawa jika ada yang seperti ini harus berkoordinasi dengan tim Gustu agar ke depan tidak terjadi hal serupa.

“Saya sudah menyampaikan ke petugas medis di Rusunawa agar ke depannya tidak terjadi hal serupa,” ujarnya.

Dirinya berjanji akan berkoordinasi dengan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan untuk mencegah tidak terjadi lagi hal-hal yang menyalahi prosedur. “Gustu bekerja berdasarkan protokol kesehatan yang terakhir revisi ke lima, itu menjadi patokan standar bagi kami tim Gustu dalam memulangkan Pasien yang sudah di nyatakan negatif dari hasil Swab,” pungkasnya. (Bar)

Komentar