oleh

Enam Kandidat Bersaing “Rebut” Ketum Pemuda Muhammadiyah Pusat

-NASIONAL-33 views

BANTUL, Lintasmalut.net – Muktamar XVII Pemuda Muhammadiyah sejumlah tokoh hadir dalam pembukaan Muktamar XVII Pemuda Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Bantul, Senin (26/11). Di antaranya Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak, dalam sambutannya mengatakan acara itu dihadiri 1.200 peserta serta ditambah 7.000 penggembira dari seluruh Indonesia.

“Kami angkat tema Menggembirakan Dakwah Islam, Memajukan Indonesia. Kami ingin menunjukkan dakwah Islam yang menggembirakan seperti tujuan dan maksud Muhammadiyah pada awal-awal berdiri. Semangat tolong menolong, semangat saling menggembirakan akan menjadi watak utama Pemuda Muhammadiyah,” jelasnya.

Untuk mencapai tema tersebut, Dahnil mengatakan Pemuda Muhammadiyah akan terus menegakkan tiga senjata utama mereka, yakni tauhid yang murni, ilmu yang tinggi, dan amal yang banyak. Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak.

“Jadi semua kader Muhammadiyah jika ditanya Pak Wapres apa senjata kita yaitu tauhid, ilmu, dan amal. (HOS) Cokroaminoto menyampaikan seorang kader Islam harus punya ciri semurni-murninya tauhid, setinggi-tingginya ilmu pengetahuan, dan sepintar-pintar siasat,” ucapnya.

Dalam pidatonya, Dahnil juga berkisah tentang masa kecilnya. Ia mengatakan dirinya merupakan korban konflik Aceh sehingga harus mengungsi ke Jakarta. Ketika mengarungi hidup di Jakarta, Dahnil saat itu tidak memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA.

“Di Jakarta saya tidak punya kesempatan lanjut sekolah saya mau masuk SMA, tapi karena orang tua tidak mampu akhirnya salah satu om saya membawa saya ke sekolah Muhammadiyah,” ceritanya.

Di sekolah Muhammadiyah tersebut, Dahnil tidak perlu membayar uang sekolah. Dahnil bisa bersekolah gratis selama 3 tahun lantaran selalu meraih juara 1 di kelas.

“Tapi ketika datang di sekolah Muhammadiyah saya daftar di situ saya tidak membayar sama sekali. Anak miskin ini bisa bersekolah 3 tahun di Kota Tangerang dengan gratis karena saya juara 1 terus,” katanya.

Wakil Presiden Jusuf Kalla “Saya punya cita-cita tinggi, 21 tahun lalu saya kehilangan harapan, kalau ada kemudian yang paling miskin bagi saya adalah anak muda yang kehilangan harapan. Ketika saya kehilangan harapan Muhammadiyah datang membawa harapan,” imbuhnya.

Di akhir pidato, Dahnil berpamitan sebagai Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah. Ia menginginkan agar Pemuda Muhammadiyah tetap menjadi harapan Indonesia.

Muktamar Pemuda Muhammadiyah digelar hingga 28 November. Muktamar akan memilih ketua umum pengganti Dahnil untuk masa bakti 2018-2020. Berikut calon tetap Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah:
1.Ahmad Fanani
2.Ahmad Labib
3. Andi Fajar Asti
4. Faisal
5. Muhammad Sukron
6. Sunanto

(int)

Komentar