oleh

Evaluasi Pengelolaan ADD dan DD Tahap I 2019, DPMD Pulau Taliabu Monitoring di Seluruh Desa

Kadis PMD Kab.Pulau Taliabu, Muhclis Soamole, SH

BOBONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  (DPMD) Kabupaten Pulau Taliabu kembali melakukan monitoring terhadap penggunaan dan pelaksanaan atas pengelolaan alokasi dana desa (ADD)  serta  dana desa (DD) tahun anggaran 2019 pada 71 Desa di delapan (8) Kecamatan.

Monitoring yang dilakukan merupakan langkah untuk mengevaluasi seluruh kinerja Kepala Desa terkait penggelolaan bantuan Pemerintah Pusat maupun Daerah khususnya tahap I  Tahun  Anggaran (TA) 2019 sesuai estimasi  ; ADD 40 persen dan DD 20 persen.

“Saat ini kami sedang melakukan monitoring dan evaluasi  atas pengelolaan DD dan ADD Tahun 2019, yang diketahui sudah dilakukan pencairan anggaran sebesar 40 persen untuk ADD  dan 20 persen untuk DD,” kata Kepala DPMD Kabupaten Pulau Taliabu, Muhclis Soamole, SH  kepada Lintas Malut, Senin (15/7/2019).

Lanjut Muhclis,  sebanyak tiga dari delapan Kecamatan di Kabupaten Pulau Taliabu yang baru dilakukan monitoring oleh tim bentukan DPMD, yaitu : Kecamatan Taliabu Barat, Kecamatan Taliabu Barat Laut, dan Kecamatan Lede.  Sedangkan, lima Kecamatan lain yang bakal dilanjutkan kegiatan monitoring yakni ; Kecamatan Taliabu Utara, Kecamatan Taliabu Timur, Kecamatan Taliabu Timur Selatan, Kecamatan Tabona, dan Kecamatan Taliabu Selatan.

“Tentunya hasil monitoring  akan kami laporkan langsung ke Bupati Pulau Taliabu,” tuturnya.

Ketika disinggung terkait temuan, Kadis DPMD mengaku saat melakukan monitoring di Desa pada tiga Kecamatan, belum ditemukan adanya masalah dalam proses pembangunan fisik maupun non fisik.

“Sampai saat ini belum ada temuan sama sekali , untuk ADD setelah kami kroscek langsung tidak ada masalah dan realisasinya sesuai dengan peruntuknya,  serta  DD telah berjalan dengan  baik,” tutupnya. (AS)

Komentar