oleh

Ferry Rute Bastiong – Sofifi Ditutup Sementara

TERNATE – Rute kapal Ferry Bastiong – Sofifi di tutup sementara dan di alihkan ke Sidangoli. Penutupan tersebut lantaran ada perbaikan rehab pelabuhan.

Maneger usaha PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ternate, Marsadik mengatakan, pihaknya baru menerima surat pemberitahuan pelaksanaan pekerjaan dari Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tidore dengan nomor surat 550/78/06/D.PHB/KTK/2020, tanggal 16/02/2020.

“Dalam isi surat tersebut mengatakan bahwa dalam rangka pelaksanaan pekerjaan perbaikan fasilitas dermaga pelabuhan galala atau sofifi maka aktifitas penyeberangan bastiong – sofifi di tutup sementara dan di alihkan ke sidangoli sampai berbaikan tersebut selesai,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Minggu (16/02/2020).

Marsadik menuturkan, menindak lanjuti surat dari Dishub Tikep maka terhitung mulai Senin (17/02/2020), rute penyeberangan kapal Ferry tujuan Bastiong-Sofifi akan di tutup sementara waktu. “Yang jelas bahwa penyeberangan bastiong-sofifi ditutup karena dalam kondisi perbaikan,” ujarnya.

ASDP Cabang Ternate. Kata Marsadik, siap melayani masyarakat pengguna jasa penyeberangan 1×24 jam sepanjang ada demand dan melihat kondisi dilapangan.

“Jadi tidak mengurangi pelayanan akan tetapi hanya peralihan rute. Sedangkan tarif untuk penumpang dan kendaran roda dua maupun roda empat tetap normal seperti biasanya,” ungkapnya.

Terpisah, Kadishub Tikep Daud Muhammad membenarkan bahwa pelabuhan Farry Galala atau Sofifi sementara dalam perbaikan rehab karena sudah tidak layak, maka aktifitas penyeberangan di hentikan.

“Untuk sementara kondisi pelabuhan galala memang sudah tidak layak, maka secepatnya kami mengambil langkah dan aktiftas pekerjaan pihak ketiga sudah mulai menurunkan material untuk melakukan pekerjaan, pekerjaan yang akan di perbaiki yaitu lengsengan jembatan dan sebelum bulan puasa itu sudah bisa di fungsikan kembali,” katanya ketika dikonfimasi via telepon.

mantan Camat Oba Tengah itu mengaku, sudah ada kordinasi dengan Kadishub Provinsi, ASDP dan Balai Perhubungan dan salam waktu dekat akan diadakan pertemuan untuk membahas terkait rute Bastiong-Sidangoli.

“Sudah ada kordinasi dengan Kadishub provinsi, ASDP dan Balai dan rencana akan dilakukan juga pertemuan di ASPD untuk menindaklanjuti hal-hal yang terkait mengalihan rute bastiong-sidangoli,” akunya.

Daud juga menghimbau kepada masyarakat pengguna jasa agar bersabar hingga pekerjaan tersebut selesai. “Seluruh pengguna jasa angkutan baik itu operator maupun masyarakat di himbau agar bersabar sambil menunggu pekerjaan ini selesai,” imbuhnya. (Alan)

Komentar