oleh

Gaji Guru Kontrak dan Honda di Kepsul Belum Dicairkan

SANANA – Kurang lebih tiga bulan terakhir gaji guru kontrak dan Honor Daerah (Honda) di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) belum di cairkan.

“Kami sudah jalani tugas sudah memasuki empat bulan. Namun, kami juga belum menerima gaji, biasanya gaji kami tiga bulan sekali diberikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,” ungkap salah satu guru kontrak yang nama tidak mau di publis kepada lintasmalut.co.id, Rabu (6/11).

Ia juga tidak tahu kenapa gaji meraka belum di berikan. “Entah kenapa gaji kami juga belum dapat, padahal sudah tiga bulan kami jalani tugas di setiap sekolah yang sudah di tetapkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Dikbud Kepsul Ishak Umamit mengatakan, dalam waktu dekat sudah melakukan proses pencairan gaji.

“Saat ini sudah melakukan permintaan anggaran di Dinas Keuangan, dan sehari dua lagi gaji guru akan di berikan. Untuk pemberian gaji itu secara manual. Karena kenapa, setiap guru kontrak dan Honda ini nanti lihat efektitas dalam mengajar,” katanya.

Ishak menyebut, kebanyakan yang ditemui di lapangan banyak guru kontrak dan Honda tidak efektif dalam melaksanakn tugas, ketika tidak aktif jalani tugas maka sebagian gajinya akan di tahan.

“Agar mereka selalu aktif dalam menjalan tugas yang sudah di tetapkan pada setiap sekolah, serta bagi yang tidak aktif kita akan evaluasi,” pungkasnya. (Mr.f)

Komentar