oleh

Gandeng BI dan STPK Banau, Pemkab Halbar Kembangkan Tanaman Kopi

JAILOLO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar) mulai mengembangkan tanaman Kopi.

Pengembangan kopi yang dilakukan oleh Pemkab Halbar

Penanaman kopi ini, bekerjasama dengan Bank Indonesi (BI) Perwakilan Malut dan Sekolah Tinggi Pertanian dan Kehutanan (STPK) Banau, saat ini sudah mulai dilakukan penanaman 1.200 anakan Kopi di Desa Goal Kecamatan Sahu Timur, dengan luas lahan satu hektar.

“Kedepan kita akan kembangkan penanaman kopi seluas 40 hektar, sehingga total anakan kopi yang akan ditanam sebanyak 40 ribu anakan,”ungkap Bupati Danny Missy saat melakukan penanaman Kopi di Desa Goal, Senin (22/7/2019).

Danny menambahkan, pengembangan kopi di halbar sangat perlu dilakukan, karena pada saat ujicoba kopi Asli Halbar dari Desa Balisoan, di acara Festival Kuliner pada Event Festival Teluk Jailolo (FTJ), banyak wisatawan yang merasa kagum dengan kenikmatan kopi asal halbar, sehingga pengembangan kopi di halbar sangat penting.

“Jika penanaman kopi dilakukan 1 hektar, maka dapat menghasilkan 8,35 ton. Jadi saya sudah berkodinasi dengan dirjen pertanian, saat ini bibit kopi menjadi satu produk unggulan yang nantinya disebarkan di seluruh indonesia,”pungkasnya. (Jojo)

Komentar